SEMESTER ANTARA

Tahun Akademik 2021/2022

Pengumuman Penting

Mahasiswa yang terlambat melakukan pengambilan atau penambahan mata kuliah pada saat key-in revisi, baik karena alasan terhapusnya mata kuliah pilihan di keranjang atau karena alasan teknis lainnya, masih diberi kesempatan untuk bisa mengikuti kelas mata kuliah yang diinginkan, dengan mengikuti prosedur berikut.

  1. Mahasiswa harus menyelesaikan pembayaran tagihan pertama, yaitu tagihan yang muncul atas jumlah SKS yang sebelumnya telah berhasil di-key-in-kan. Silahkan lihat panduan pembayaran.
  2. Setelah pembayaran tahap pertama dilakukan (jika sebelumnya mahasiswa belum mengambil mata kuliah sama sekali, maka langsung ikuti langkah kedua), mahasiswa mengisi Formulir Permohonan Key-In Manual untuk mata kuliah yang ingin diikuti. Formulir dapat diakses melalui tautan ini. Silahkan periksa dulu penetapan mata kuliah (lihat sidebar bagian kanan), untuk mengetahui mata kuliah yang ditawarakan, dibatalkan, dan atau digabung.
  3. Panitia akan menerbitkan Virtual Account (VA) baru untuk yang bersangkutan, dan mahasiswa melakukan pembayaran (sebagaimana langkah 1). Penerbitan VA akan dilakukan setelah batas waktu terakhir Pengisian Key-in Manual berakhir.
  4. Mahasiswa mengunggah bukti pembayaran (transfer) melalui Formulir Pelaporan Pembayaran Key-in Manual.
  5. Panitia melakukan key-in manual atas mahasiswa berdasarkan bukti pembayaran yang telah diunggah pada langkah 4.

Pengisian Formulir Permohonan Key-in Manual dapat diterima/diakomodir oleh panitia selambat-lambatnya tanggal 2 Agustus 2022, Jam 23:59 WIB.

Ketentuan Umum

  • Semester antara bersifat PILIHAN sehingga tidak wajib diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII
  • Mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti semester antara adalah mahasiswa yang aktif pada 2 semester dan/atau salah satu semester tahun akademik yang sedang berjalan
  • Mata kuliah yang dapat diambil adalah mata kuliah yang pernah ditempuh pada semester-semester sebelumnya
  • Jumlah SKS yang boleh diambil maksimal 9 SKS. Bagi mahasiswa yang mengambil lebih dari 9 SKS, panitia berhak menghapus kelebihan SKS tersebut tanpa konfirmasi
  • Mahasiswa yang sedang mengambil KKN diperbolehkan mengikuti semester antara dengan ketentuan maksimal mengambil 6 SKS. Bagi mahasiswa KKN yang mengambil lebih dari 6 SKS, panitia berhak menghapus kelebihan SKS tersebut tanpa konfirmasi
  • Jumlah mahasiswa dalam satu kelas minimal 20 Mahasiswa. Apabila jumlah Mahasiswa tidak memenuhi batas maksimal maka penyelenggaraan kelas dipertimbangkan untuk dibuka/dibatalakan
  • Mahasiswa yang telah habis/tutup teori tidak diperkenankan mengikuti semester antara
  • Nilai semester antara tidak mempengaruhi pengambilan jumlah SKS semester ganjil 2022/2023
  • Seluruh perkuliahan pada semester antara 2021/2022 dilakukan dengan metode dalam jaringan (Daring/Online)

Pra Perkuliahan

  • Mahasiswa yang telah key in akan bergabung secara otomatis ke dalam kelas di google classroom sesuai dengan mata kuliah yang diikuti di semester antara. Proses ini akan dilakukan panitia semester antara paling lambat 1 hari sebelum pertemuan pertama.
  • Mahasiswa yang melakukan key in dan tidak dapat bergabung secara otomatis ke dalam kelas di google classroom sampai 1 hari sebelum pertemuan pertama, mohon segera menghubungi panitia semester antara melalui email/WA panitia semester antara
  • Akses google classroom masing-masing mahasiswa dilakukan dengan akun Email UII ([email protected]). Panduan akses Email UII dapat dilihat pada laman: s.id/pangmailuii
  • Mahasiswa yang telah melakukan key in dan tidak melakukan pembayaran secara tuntas akan dibatalkan keikutsertaannya dari semester antara

Perkuliahan, Tugas, dan Ujian

  • Masa perkuliahan semester antara dilaksanakan pada 8 – 22 Agustus 2022
  • Secara keseluruhan proses belajar mengajar (penyampaian materi, tugas, dan ujian) semester antara dilakukan secara daring
  • Komunikasi dosen dan mahasiswa untuk proses pembelajaran dilakukan melalui google classroom masing-masing kelas
  • Proses presensi kehadiran mahasiwa dilakukan oleh dosen pengampu masing-masing kelas. Presensi mahasiswa dapat dipantau melalui laman: gateway.uii.ac.id
  • Ujian Tengah Semester (UTS) dilaksanakan dengan memanfaatkan salah satu pertemuan sesuai dengan jadwal kelas. Jadwal kelas yang dipakai UTS akan ditentukan oleh dosen pengampu
  • Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan terjadwal pada 23 – 24 Agustus 2022. Jadwal UAS masing-masing kelas dapat dicermati pada laman: fbe.uii.ac.id/smtantara
  • UTS dan UAS diselenggarakan oleh dosen pengampu masing-masing kelas, dan soal Ujian akan dibagikan oleh dosen melalui google classroom

Syarat UAS Semester Antara

Mahasiswa yang dapat mengikuti UAS adalah mahasiswa yang dengan tingkat kehadiran MINIMAL 75% dari kehadiran dosen

Pascaperkuliahan

Setelah melaksanakan UAS maka kelas semester antara yang diikuti mahasiswa telah berakhir, dan nilai akhir untuk masing-masing mahasiswa dapat dilihat pada laman: gateway.uii.ac.id

Penetapan Mata Kuliah

Berdasarkan hasil key-in yang lalu, maka berikut ini disampaikan daftar mata kuliah dibuka, penambahan kelas baru, dan mata kuliah/kelas yang dibatalkan pada masing-masing program studi yang dapat diunduh pada daftar di bawah ini:

Narahubung

Sekretariat Semester Antara

Ruang P1/5, Gedung Prof. Ace Partadiredja

Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta

WA     : +62 81235001896

Telp    : 0274 881546 ext 1208

Email : [email protected]

Tanggal Penting

  • 25 - 27 Juli

    Key In RAS (mulai Pkl. 11:00 WIB)

  • 27 Juli

    Petisi (mulai Pkl. 09.30 WIB)

    27 Juli

  • 28 Juli

    Penetapan Kelas oleh Prodi (Pkl. 14.00 WIB)

  • 29 Juli

    Key In Revisi (mulai Pkl. 09.30 WIB)

    29 Juli

  • 1-4 Agustus

    Pembayaran SKS

  • 8 - 22 Agustus

    Perkuliahan & UTS

    8 - 22 Agustus

  • 23 - 24 Agustus

    Ujian Akhir Semester (UAS)

  • 31 Agustus

    Yudisium

    31 Agustus

Ketentuan Biaya (Per SKS)