Seminar Nasional Methamorfosa Kopma FE UII dengan tema ‘Kewirausahaan dan Koperasi Dalam Menghadapi Tantangan Global’ Sabtu 3 Maret 2018 yang bertempat di Balai Utari, Gedung Mandala Bhakti Wanitatama Yogyakarta diadakan dalam rangka Milad Kopma FE UII yang ke-23. Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 350 peserta, tak hanya berasal dari internal FE UII tetapi juga berbagai Universitas, seperti UGM, UNY, UMY dan lain sebagainya.

Pembukaan acara dimulai dengan pembacaan kalam ilahi dan dilanjutkan dengan acara sambutan oleh Wakil Rektor III, Ir. Agus Taufiq, MSc, sekaligus pemukulan gong sebagai simbolis dibukanya acara Seminar Nasional Methamorfosa Kopma FE UII. Seminar kali ini diisi oleh para narasumber yang expert dibidang perkoperasian dan bisnis, antara lain Drs. Talkah Badrus, MM selaku Asisten Deputi Peningkatan Kualitas SDM Perkoperasian Kementrian Koperasi dan UKM, Saptuari Sugiharto selaku Owner Kedai Digital, Nova Suparmanto selaku founder PT. PMC Teknikindo dan Ferry Atmaja selaku Owner Preksu. Acara ini dimoderatori oleh Listya Endang Artiani, SE, MSi.

Dalam seminar tersebut Drs. Talkah Badrus, MM memaparkan bahwa kelembagaan koperasi saat ini belum dapat menjalankan sesuai dengan jati diri koperasi, maka dari itu lembaga koperasi ingin lebih fokus kepada SDM koperasi. Selain itu, disampaikan juga bahwa arah kebijakan KUMKM dalam RPJMN tahun 2015-2019 adalah  peningkatan daya saing UMKM dan Koperasi sehingga mampu tumbuh menjadi usaha yang berkelanjutan dengan skala yang lebih besar ( “naik kelas” atau scaling up) dalam rangka untuk mendukung kemandirian perekonomian nasional. Setelah acara seminar ini selesai, diharapkan para peserta dapat meningkatkan semangat kewirausahaan tanpa meninggalkan nilai-nilai koperasi.