Asean Data Sience

Fakultas Ekonomi bersama Prodi Akuntansi Universitas Islam Indonesia mengadakan Training aplikasi SAP dengan tema “Training ASEANDSE” yang dilaksanakan pada hari Rabu, 11 April 2018 pada pukul 10.00 WIB bertepatan di Lab C Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Dalam acara tersebut, terdapat 40 peserta yang berpatisipasi pada kegiatan kali ini yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Acara ini dibuka dengan pembacaan Kalam Illahi dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Arif Rahman sebagai akademisi di Fakultas Ekonomi UII, Ilan Asqolani sebagai Sr Progamme Officer for The AF-SAP Joint Intiative di ASEAN Foundation, dan Singgih Yunowo. Acara ini juga mengundang pembicara-pembicara ahli, yaitu dr. Sari Mutia Timur dari Yakum Emergency Unit  pada sesi pertama dan Mr. Tua  pada sesi kedua

Di era yang sangat modern ini, para akuntan harus semakin pintar dan bersiap karena pekerjaan akuntan akan segera digantikan oleh robot ataupun mesin. Menjadi seorang akuntan yang baik harus memiliki kemampuan analisis dan mengintepretasikan data.  Oleh karena itu sangatlah penting  bagi para akuntan untuk mengetahui Isu-isu Ekonomi di Asean yang harapannya para akuntan dapat semakin kritis dalam menganalisis dan memecahkan masalah-masalahnya dari data-data yang telah diperoleh sebelumnya.

dr. Sari Mutia Timur sebagai pemateri di acara Training ini membagikan berbagai pengalamannya di dunia kesehatan. Banyak sekali masalah-masalah yang telah dihadapi dan juga barbagai solusi yang telah ia ambil. Salah satunya saat ia menghadapi masalah pada lansia. Saat jumlah lansia saat ini semakin banyak, tidak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak pula lansia yang hidup dalam kesendirian dan tidak memiliki teman cerita. Dari masalah dan data-data yang diperoleh, dr. Sari Mutia Timur beserta timnya mengambil solusi dengan membuat sebuah aplikasi di smartphone khusus bagi lansia. Harapan dibuatnya aplikasi ini adalah agar para lansia yang tidak memiliki teman cerita dengan sekali klik bisa berbagi ceritanya di layar smartphone. Di dalam aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan pengingat waktu minum obat dan juga pengingat waktu cek kesehatan bagi lansia.

Pemateri selanjutnya pada acara Training ASEANDSE sendiri adalah Mr. Tua yang berasal dari Thailand. Dalam pembukaannya, beliau sedikit bergurau tentang pengetahuan arti namanya yang berarti “tua” dalam bahasa Indonesia atau old dalam bahasa inggris. Sesi berikutnya tanpa panjang lebar beliau langsung mengajarkan atau memberi materi kepada para mahasiswa yang hadir pada acara tersebut. Dalam menyampaikan materi, beliau menggunakan full bahasa Inggris. Beliau langsung memberikan materi mulai dari penggunaan SAP Cloud, cara membuat dashboard, cara mendapatkan data, hingga teknikal lomba SAP. Selama materi berlangsung Mr. Tua membantu para peserta yang mengalami kesulitan dalam proses menjalankan program SAP tersebut dengan dibantu oleh tim dari SAP itu sendiri. Acara berhenti sejenak pada pukul 15.00 WIB untuk sholat dan coffee break dan setelah itu acara terus berlangsung hingga pukul 16.00 WIB acara selesai.