“Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.”-Mohammad Hatta. Itu adalah slogan yang mewakili acara pameran buku yang diselenggarakan di Hall Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 9 April 2018 sampai dengan 13 April 2018. Untuk acara pameran buku ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Fakultas Ekonomi UII dengan mengundang para distributor dan penerbit dengan menyediakan tempat bagi mereka untuk memasarkan buku-buku yang mereka miliki  kepada para mahasiswa, dosen maupun karyawan di FE UII, acara ini merupakan salah satu acara rutin tahunan yang dimiliki oleh FE UII.

Pihak perpustakaan berkoordinasi dan menghubungi pada penerbit dan distributor, karena yang lebih tahu tentang penerbit dan distributor adalah pihak perpustakaan FE UII  sendiri, karena selain itu para penerbit juga sering berkunjung ke perpustakaan untuk menawarkan buku-buku mereka dan dari situlah pihak perpustakaan mengenal banyak distributor dan penerbit.

“Masih sangat kurang karena terkadang pada dosen masih sibuk dengan urusan mereka sendiri, dan terkadang untuk turun hanya sekedar melihat buku masih belum bisa menyempatkan waktunya, sudah dua tahun seperti ini” kata Sigit salah satu distributor terkait antusias dosen FE UII selama dua hari berjalannya pameran.

“Minat baca masyarakat FE UII sudah ada karena adanya keinginan yang terlihat dari mahasiswa dan dosen untuk melihat-lihat buku yang dipamerkan.” Sigit menambahkan.

Namun untuk para mahasiswa kebanyakan hanya melihat-lihat buku karena buku yang mereka sediakan/tawarkan merupakan buku-buku luar yang memiliki harga yang cukup tinggi sehingga sedikit yang membelinya. Namun dalam pameran ini mahasiswa di fasilitasi berupa disediakannya blangko bagi mahasiswa untuk pengajuan saran buku-buku yang tidak ada di Perpustakaan yang dianggap penting bagi proses belajar untuk di tambah dalam koleksi di Perpustakaan FE UII karena salah satu faktor sepinya perpustakaan adalah karena perpustakaan tidak bisa memenuhi kebutuhan buku yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar bagi dosen maupun mahasiswanya. Disini juga perpustakaan memegang peran penting di dalam meningkatnya minat baca di kampus FE UII, jika perpustakaan dapat memberikan layanan berupa tersedianya literatur yang dibutuhkan maka minat untuk mengunjungi perpustakaan akan meningkat.

Tidak ada tema khusus yang diangkat untuk pameran buku tahun ini, hanya pameran umum yang diselenggarakan untuk memfasilitasi dosen, karyawan, serta mahasiswa dan juga memfasilitasi para penerbit dan distributor untuk memasarkan bukunya. Buku-buku yang ditawarkan diantaranya ada buku untuk kegiatan belajar seperti akuntansi keuangan lanjutan, akuntansi pengantar, akuntasi manajemen, pengantar bisnis dan manajemen, etika bisnis dan profesi, buku motivasi, buku tentang akhlak, agama, novel, dan masih banyak lagi. Dalam pameran tahun ini Fakultas memberikan dana kepada dosen sebesar Rp800.000 dan kepada karyawan sebesar Rp250.000 dan dosen disarankan oleh Fakultas untuk membelanjakan uangnya untuk membeli buku untuk mendukung kepentingan jalannya proses belajar mengajar dalam perkuliahan dan untuk karyawan sendiri, mungkin bisa dibelikan buku untuk keluarganya.

Disediakan juga bagi masyarakat kampus berupa photobooth untuk meramaikan acara pameran buku ini bisa sekaligus menjadi sarana pemasaran adanya kegiatan pameran buku di hall FE UII jika mahasiswa maupun dosen menguploadnya ke media sosial.

Harapan salah satu distributor bagi berlangsungnya pameran buku yang merupakan acara rutin tahunan FE UII adalah antusias dosen terhadap pameran yang diselenggarakan makin ditingkatkan lagi sehingga acara menjadi lebih ramai dan diadakan acara di tengah-tengah berlangsungnya acara pameran buku agar mengundang ketertarikan masyarakat Fakultas Ekonomi UII.