System Apllication and Product in data processing atau yang biasa disebut SAP pada hari Minggu, 29 Mei 2018 mengadakan acara pengenalan teknologi informasi kepada siswa sekolah dasar. Kegiatan ini diadakan di serambi Fakultas Ekonomi UII dengan menyediakan 12 komputer di meja bundar sebagai sarana utama. Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB. Dengan menghadirkan beberapa komputer beserta proyektor membuktikan bahwa Fakultas Ekonomi UII sangat memadai dalam menyediakan media teknologi sebagai pendukung proses pembelajaran di kampus.

Dosen bekerja sama dengan beberapa mahasiswa yang ahli dalam bidang SAP merancang kegiatan ini untuk memperkenalkan bahasa digital, programing hingga mengeksplorasi seni melalu teknologi sejak dini. Peserta yang terdiri dari siswa kelas 5 SD ini merupakan anak dari karyawan Fakultas Ekonomi UII yang diundang untuk mengikuti kegiatan yang diberi nama SAP Young Thinkers Program for Elementary School dengan kegiatan utama Coding Snap. Anak-anak didampingi seorang mahasiswa dalam menggunakan program, baik itu desain hingga berkutat dengan musik.

Pada bagian Coding Snap, anak-anak diajarkan untuk membuat kartu ucapan lebaran sendiri, dengan begitu mereka mampu mengembangkan kreatifitas dan dituangkan dalam bentuk desain yang menarik. Ketika desain itu telah selesai, anak-anak mendapatkan apresiasi atas kekreatifitasannya. Kegiatan ini diiringi lagu-lagu yang identik dengan masa kecil, hal ini secara tidak langsung mampu mengembalikan karakter anak-anak yang dimiliki para siswa itu.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini juga dapat mengasah softskill mereka dalam mengajarkan serta membantu para siswa yang notabennya terpaut usia cukup jauh, dalam mengerjakan tugas-tugas siswa tersebut. Selain itu, terjadi transfer ilmu antara mahasiswa dan siswa SD yang baik sehingga kesiapan untuk terjun ke masyarakat dapat terasah. Wujud pengabdian masyarakat ini dapat diterapkan mahasiswa saat KKN nanti, bahkan memperkenalkan secara langsung program SAP ke masyarakat

Harapan dari berjalannya kegiatan ini adalah agar anak-anak SD yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa mampu mengenal sistem teknologi sejak dini. Tentu dengan banyaknya kekhawatiran usia anak-anak mengenal teknologi dengan berbagai wadah didalamnya, seperti internet, gadget dan lainnya, para orang tua wajib mengawasi penggunaan teknologi mereka.

Memanfaatkan teknologi bukan hanya sekadar main game dan bermedia soial melainkan sebagai media untuk belajar dan mengembangkan bakat adalah tujuan terbesar dari kegiatan ini. Memberi bukti bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi UII mampu menjadi tutor secara langsung dimasyarakat dan dapat diterima dengan baik.

“Mereka itu softskillnya terbentuk, teknologi digital, peran mereka di digital age itu dimulai di usia yang lebih dini karena mereka memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, daripada mereka misalnya punya smartphone atau punya komputer itu hanya untuk liat youtube dan sebagainya, mereka mungkin akan menciptakan sesuatu jadi mengotak-atik dengn program in, jadi itu sebenarnya tujuan. Menggunakan waktunya dengan hal-hal lain yang lebuh bermanfaat” tutur Dra. Primanita, MBA, Ak, CA, Cert. SAP yang sempat diwawancarai disela-sela kegiatan ini berlangsung.

Ini merupakan inovasi kegiatan baru yang dilakukan Fakultas Ekonomi UII sebagai wujud perannya dilingkungan masyarakat utamanya anak-anak. Persiapan yang dilakukan pihak kampus dalam melaksanakan acara ini patut diacungi jempol. Mahasiswa dan dosen yang mempuni dilengkapi program SAP yang hanya dimiliki segelintir perguruan tinggi di Indonesia, diharapkan meningkatkan motivasi siswa untuk mengembangkan kreatifitas dalam program digital yang berbasis aplikasi. Ini dapat mempersiapakan mahasiswa untuk langsung terjun ke lingkungan masyarakat.