SRI WULAN | Anggota DPR RI

Sri Wulan, wanita kelahiran Pati, 8 April 1977 lahir dari keluarga yang memiliki semangat bisnis yang luar biasa. Bisnis keluarganya bergerak dibidang peternakan sapi dan pertanian di Pati, Jawa Tengah. Bertekad untuk memajukan bisnis keluarga, Wulan memberanikan diri merantau ke Yogayakarta untuk menimba ilmu di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Saat kuliah dulu, Wulan tidak banyak mengikuti kegiatan organisasi. Ia lebih sering menghabiskan waktu luangnya bersama teman-temannya ataupun untuk mengembangkan dirinya sendiri. Namun, sedikitnya kegiatan di bangku kuliah bukan berarti ia menghindari sosialisasi yang berguna untuk menunjang di masa depannya, tetapi banyak hal lain yang ia perjuangkan untuk dirinya dan masa depannya kelak.

Saat ini, Wulan bekerja di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi IX periode 2014-2019. Sebelumnya, Wulan menjabat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi periode 2009-2014. Sebagai anggota DPR RI, Wulan memiliki tujuan untuk mensejahterkan masyarakat dengan selalu siap membantu mereka yang sedang dalam kesulitan dan mendekatkan dirinya kepada masyarakat luas agar masyarakat lebih mudah dalam menyampaikan keluh-kesah maupun aspirasinya.

Selain berkecimpung dalam dunia politik, Wulan juga menjalani serangkaian bisnis yang juga memiliki tujuan yang selaras dengan kegiatannya di DPR RI, yaitu memberikan sarana menampung aspirasi masyarakat. Kegiatan bisnis yang Wulan jalani saat ini adalah mengelola travel umrah, Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) Tama Jaya School di Pati, dan berkecimpung dalam kegitan sosial melalui komunitas yang dinamakan Sahabat Wulan, serta klinik kesehatan. Dalam mengelola bisnis travel umrah, pada awalnya Wulan mengalami berbagai kendala terutama saat banyaknya isu terhadap agen travel umrah yang melakukan penipuan. Namun, Wulan tetap menjalankan bisnis travel umrahnya dengan gigih dan ikut terjun langsung dalam proses bisnisnya dalam melayani calon jamaahnya. Lalu di komunitas Sahabat Wulan sendiri merupakan komunitas yang dibangun oleh Wulan dan teman-temannya. Awalnya Sahabat Wulan hanya komunitas rekreasi bersama antara Wulan dan kerabatnya. Namun, saat ini Sahabat Wulan juga bergerak dalam kegiatan sosial. Wulan juga mengepalai sebuah SMK yang bernama SMK Tama Jaya School di Pati, Jawa Tengah. SMK yang telah berjalan sekitar 3 tahun ini merupakan sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu. SMK yang dibangun oleh Wulan memiliki tujuan mempersiapkan dan membekali siswa-siswinya untuk bersaing di dunia kerja setelah lulus SMK. Tahun pertama pembangunan, sekolah ini tidak memungut biaya apapun untuk uang pembangunan karena kembali ketujuan utama, sekolah ini diprioritaskan untuk masyarakat tidak mampu. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Bendahara Umum Ikatan Keluarga Kabupaten Pati di Jakarta.

Dalam menjalani kegiatannya, Wulan sangat didukung oleh keluarga dan tidak pernah dibatasi selama kegiatan yang ia jalani merupakan kegiatann yang positif. Saat ini, Wulan sudah dikaruniai 3 orang putra. Ia mengaku bahwa ia memiliki waktu yang kurang untuk bersama keluarga, terutama karena pekerjaan yang membuatnya terus bergerak dari satu kota ke kota yang lainnya. Disela-sela kegiatan yang sangat padat dan berbekal hobi traveling, Wulan selalu menyempatkan dirinya untuk meluangkan waktu bersama keluarga dengan berekreasi keberbagai daerah maupun negara. Wulan juga selalu memegang teguh prinsip hidupnya, yaitu jujur kepada diri sendiri dan jangan pernah takut untuk melangkah, hadapi masa depan dengan positif, karena keluarga pasti mendukung.