Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII), sedang melangsungkan kegiatan Economic Weeks (Ecoweek) yang ketiga kalinya dan kegiatan yang diadakan setiap tahunnya. Ecoweek merupakan ajang untuk meningkatkan branding internal FE UII serta memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat serta bakatnya dalam bidang kewirausahaan. Ecoweek kali ini bertemakan “Kursi Kreasi” yang dimaksudkan bahwa kursi adalah salah satu sarana untuk mengeksplorasi kreatifitas serta berinovasi bagi mahasiswa FE UII. Rangkaian kegiatan Ecoweek berlangsung sejak tanggal 1 hingga 9 Oktober 2018.

Ecoweek 2018 memiliki 5 kegiatan, yaitu Trivia Quiz, Photo Challenge, Creative Talk, Sharing Session, dan Expo Kewirausahaan. Trivia Quiz adalah kuis seputar FE UII, Photo Challenge adalah lomba foto di lingkungan sekitar FE UII, Sharing Session adalah sesi berbagi informasi dengan mahasiswa yang mengikuti student exchange dan mahasiswa berprestasi Acara Creative Talk dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2018 dengan mengusung tema “Bergerak Lebih, Menggapai Mimpi.” Acara Creative Talk kali ini mengadopsi konsep Tedx, dimana para pembicara dapat menyampaikan ide serta menginspirasi penonton lewat materi yang diterjemahkan secara sederhana namun sarat makna.

Creative Talk Ecoweek 2018, dibuka oleh sambutan Dekan FE UII, Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph.D. yang memberikan semangat pada para penonton agar terus berkarya dimana pun mereka berada. Tidak hanya di lingkungan Fakultas Ekonomi, tapi juga di lingkungan luar. Sesuai dengan quote Steve Jobs, inovasi adalah pembeda antara seorang pemimpin dan pengikut. Dari quotes tersebut, seorang pemimpin harus berani, berwawasan luas dan berinovasi menciptakan sesuatu. Inovasi tidak akan lahir jika tidak kreatif. Jika tidak bisa membuat sesuatu menjadi yang terbaik, bisa mebuat sesuatu menjadi yang pertama, atau menjadi yang berbeda.

Creative Talk hadir dengan mendatangkan pembicara-pembicara dari alumni FE UII, yaitu Lutfi Zanwar K. yang merupakan Pegiat Podjok Batja dan Pegiat Rumah Baca Komunitas, sebagai pembicara pertama. Pembicara kedua, Nafisah Arinilhaq sebagai professional marketing specialist, CEO Startup, dan mahasiswa teladan FE UII tahun 2013, serta Syahrian Malik V. yang merupakan Founder Ruang Belajar.

Lutfi Zanwar membawakan tema “Hidup Bersama Buku” dalam materi yang ia disampaikan. Menurut Lutfi, manfaat buku dan mengikuti organisasi tidak semata-mata hanya untuk waktu yang singkat. Namun, akan memeberikan manfaat dalam waktu yang sangat panjang. Berangkat dari hobi membaca, Lutfi mendirikan Podjok Batja dan Rumah Baca Komunitas. Dari hobinya tersebut, ia juga dipertemukan oleh orang-orang yang memiliki visi yang sama dengannya. Saat kuliah dulu, Lutfi tergabung dalam tim marketing and communication (Marcomm) FE UII dan terkenal dengan sebutan Engkong. Karena saat berumur 27 tahun ia masih kuliah dan banyak juga orang-orang disekitarnya yang pesimis terhadap perjalanan kuliahnya. Menurut Lutfi, untuk berwirausaha harus mempunyai banyak keahlian, baik soft skill maupun hard skill. Creative talk ini menumbuhkan semangat mahasiswa FE UII untuk dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi, seperti pembicara Nafisah Arinilhaq dan Syahrial Malik untuk menjadi orang sukses tidak bisa secara instan tetapi harus mengasah soft skill maupun hard skill. Syahrial Malik memberikan tips untuk menjadi orang sukses adalah bagaimana kita bisa memaknai hidup yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Rangkaian acara lainnya yaitu Trivia Quiz yang diadakan pada tanggal 1,3,5,7 Oktober kemudian Photo Challenge diadakan pada tanggal 1-8 Oktober Expo Kewirausahaan merupakan penutup rangkaian acara Ecoweek. Acara ini berlangsung 2 hari dari tanggal 8-9 Oktober 2018. Ada 16 tenant yang lolos seleksi dan peserta dari expo ini merupakan mahasiswa aktif FE UII selain kreasi bisnis dari mahasiswa FE UII, ada stand fakultas dan stand Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi yang juga membuat berbagai games seru berhadiah merchandise FE UII.