Klinik Peningkatan Mutu Dosen Dalam Penyusunan Proposal Hibah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Forum Manajemen Indonesia (FMI) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia mengadakan kegiatan workshop terkait dengan peningkatan mutu dosen dalam penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada Kamis, 16 Agustus 2018 bertempat di Ruang Sidang 1/1 Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 dengan dihadiri oleh para dosen yang berasal dari  berbagai perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, khususnya dalam program studi manajemen. Sambutan kegiatan ini diawali oleh Bapak Dr. Jaka Sriyana, S.E., M.Si. selaku dekan Fakultas Ekonomi UII. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Ketua Forum Manajemen Indonesia Korwil DIY, Bapak Dr. Heru Tri Sutiyono, M.Si. Pada kesempatan tersebut Beliau menyampaikan sejarah Forum Manajemen Indonesia (FMI) yang didirikan pada tanggal 10 November 2010, sehingga setiap mendekati tanggal 10 November akan diadakan secara rutin seminar nasional, workshop, dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan secara bergantian di berbagai kota yang ada di seluruh Indonesia, yang mana kegiatan tersebut tahun lalu diadakan di kota Semarang. Beliau menjelaskan bahwa ruang lingkup kegiatan FMI sangatlah luas. Hingga saat ini, FMI masih menekankan pada upaya dukungan terhadap pengembangan prodi manajemen di seluruh Indonesia. Kemudian mengenai keanggotaan FMI terdiri dari 3 macam, yaitu keanggotaan individu, institusi, dan luar biasa. Kegiatan ini telah dilaksanakan yang ketiga kalinya bagi FMI DIY. Selanjutnya mengenai pelaksanaan klinik FMI ini dimaksudkan bagi para dosen-dosen manajemen untuk bisa lebih produktif didalam meraih hibah agar dapat diupayakan kehadiran asesor-asesor terutama yang berdomisili di DIY untuk dapat memberikan dukungannya, demi lebih baiknya proposal sehingga lebih banyak lagi dosen-dosen khususnya prodi manajemen dalam meraih hibah yang ada.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian materi sesi pertama oleh Bapak Dr. M. Irhas Effendi, M.Si. Beliau adalah seorang reviewer proposal hibah penelitian dan sekaligus dosen Universitas Pembangunan Negeri Veteran (UPN), Yogyakarta. Beliau menjelaskan seputar strategi penyusunan proposal hibah penelitian dengan harapan agar proposal pengajuan hibah penelitian tersebut nantinya dapat diterima. Peserta yang sebagian besar terdiri dari para dosen ini terlihat fokus memperhatikan materi yang disampaikan pembicara. Hal ini terbukti dari munculnya banyak argumen-argumen dan pertanyaan yang diberikan oleh peserta kepada pemateri dalam sesi tanya jawab. Harapannya setelah penyampaian materi dilakukan, para dosen-dosen manajemen tersebut tidak hanya dapat menguasai materi, tetapi juga memberikan solusi bagi pemecahan masalah yang muncul di masyarakat. Selain itu, mengenai fungsi utama pengabdian kepada masyarakat bagi dosen adalah untuk mendekatkan teori dengan praktik antara kondisi nyata dengan yang semestinya. Dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat juga akan menambah kompetensi keilmuan yang berguna untuk menunjang tugas pendidikan dan penelitian.

Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemberian materi sesi dua oleh pemateri yaitu Bapak Dr. drh. R. Wisnu Nur Cahyo. Beliau merupakan seorang reviewer proposal hibah pkm dan juga selaku dosen Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Setelah penyampaian materi kegiatan tersebut selesai, dilanjutkan sesi kedua tanya jawab berupa pertanyaan. Hasil yang di harapkan  dari kegiatan tersebut yaitu dengan adanya klinik proposal ini jumlah proposal yang diajukan semestinya dapat ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat akan semakin baik.