Asiknya Berkunjung di Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) menerima kunjungan dari SMA Negeri 1 Muntilan pada hari Kamis, 20 September 2018 di kampus Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Gedung Prof. Dr. Ace Partadiredja, Condongcatur. Kunjungan tersebut dihadiri sejumlah 110 siswa serta guru. Kunjungan tersebut didampingi oleh tim Marketing & Communication  Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Acara tersebut dimulai pada pukul 13.00 di Aula Utara. Acara kunjungan kampus ini dimulai dengan sambutan oleh Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph.D selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, dalam sambutannya tak lupa dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia menyampaikan beberapa informasi terkait perkembangan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Setelah itu, dilanjutkan sambutan kepada pimpinan delegasi SMAN 1 Muntilan.  

Setelah itu acara kunjungan dilanjutkan dengan pengenalan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Pengenalan tersebut diberikan oleh Baziedy A. Darmawan, SE., M.Sc, dosen Prodi Manajemen yang sekaligus Kepala Unit Hubungan Masyarakat Fakultas Ekonomi  Universitas Islam Indonesia. Sebelum penyampaian materi tentang Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia diputarkan sebuah video tentang profil Universitas Islam Indonesia dan wilayah Yogyakarta. Baziedy menyampaikan sejarah mengenai terbentuknya Universitas Islam Indonesia.  Ia pun menyampaikan tentang berbagai informasi Universitas Islam Indonesia, khususnya Fakultas Ekonomi dan memaparkan tentang akreditasi program studi, keunggulan masing – masing program studi dan Baziedy menjelaskan tentang berbagai macam beasiswa yang bisa didapatkan oleh mahasiswa / mahasiswi. Beasiswa tersebut tidak hanya berasal dari internal Universitas Islam Indonesia melainkan juga ada banyak pilihan dari luar Universitas Islam Indonesia. Rombongan dari SMAN 1 Muntilan sangat terlihat antusias sehingga tidak sedikit siswa – siswi yang bertanya dan ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai dunia perguruan tinggi, khususnya tentang Universitas Islam Indonesia.

Setelah penyampaian pengenalan mengenai Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia acara selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pengenalan pasar modal yang disampaikan oleh Abdur Rafik, SE., M.Sc. yang merupakan dosen Prodi Manajemen. Abdur menyampaikan informasi seputar pasar modal seperti instrumen – instrumen pada pasar modal, tips bagi investor pemula saat terjun ke dunia pasar modal, dan menyampaikan mengenai bagaimana cara berinvestasi sesuai syariat islam atau dengan kata lain instrumen yang digunakan berdasarkan pada prinsip syariah agar investor muslim tidak hanya mengetahui cara berinvestasi secara baik melainkan mengetahui cara berinvestasi yang sesuai syariah. Setelah penyampaian materi yang diberikan oleh Abdur mengenai pasar modal banyak siswa dan siswi beserta guru yang bertanya mengenai seputar investasi. Pertanyaan tersebut mengenai tips investasi bagi pemula, cara mencairkan uang dari saham yang dimilikinya dan cara pembagian dividen. Tidak hanya itu ada beberapa siswa dan guru yang tertarik mengenai pasar modal dan langsung bertanya di kantor Bursa Efek yang terdapat di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang kantornya berada di lantai tiga gedung P.

Pada pukul 15.00 acara ditutup. Kunjungan kampus ini diakhiri dengan acara tur kampus yang dipandu oleh mahasiswa dan mahasiswi anggota Marketing & Communication Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Rombongan dari SMAN 1 Muntilan diajak berkeliling kampus Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia untuk melihat secara langsung berbagai fasilitas yang berada di kampus Fakultas Ekonomi. Siswa-siswi sangat antusias untuk mengelilingi kampus terlihat dari banyaknya tempat yang dijadikan subjek foto oleh siswa-siswi maupun guru. Acara kunjungan kampus ini merupakan salah satu program rutin yang dilaksanakan oleh Marketing & Communication.