Ekonomi Peduli, Ekonomi Berbagi

Festival Ekonomi atau yang biasa disebut Feskon kembali diadakan untuk yang ke-3 kalinya Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII). Feskon didadakan khusus untuk mahasiswa dan mahasiswi aktif UII. Rangkaian kegiatan Feskon berakhir pada tanggal 22 September 2018 yang merupakan acara puncak dari seluruh kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya seperti Kuliah Umuseminarm, lomba dalam bidang olah raga, kesenian, serta donor darah. Seminar di Gedung Kuliah Umum Kampus Terpadu UII dilaksanakan pada tangga 16 September 2018 dengan menghadirkan 3 pembicara yaitu Bhima Yudistira sebagai Ekonom INDEF (Institute For Development of Economics and Finance), Cipto Laksono sebagai Online Sales Manager of Lion Parcel, dan yang terakhir Aryo Wirawan yang merupakan Founder and Advisor of Jala Tech PT. Atnic Ekotekno.

Acara puncak Feskon diadakan di Lapangan parkir mobil FE UII. Feskon kali ini tidak hanya mengusung tema akademik dan sportivitas saja, melainkan juga mengusung kegiatan amal yang ditujukan kepada saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah di Lombok. Kegiatan amal ini bersumber dari hasil penjualan tiket konser pada malam puncak acara Feskon UII dimana harga tiket masuk sejumlah Rp 7.000, dan Rp 5.000 per tiket akan diberikan kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah di Lombok. Acara puncak Feskon dibuka pada pukul 17.00 WIB dengan pembacaan kalam Ilahi oleh saudara Fahmi Abi Panuntun, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne UII secara bersama-sama.

Acara kembali dilanjutkan dengan penampilan dari UKM Musik Fakultas Hukum UII, kemudian dilanjutkan dengan penampilan Komunitas Teater Koin pada pukul 19.15 WIB. Penampilan Teater Koin diawali dengan teriakan salah satu pemain di tengah-tengah para penonton yang kemudian semua pemain keluar menuju depan panggung untuk memainkan perannya masing-masing. Penampilan dari Teater Koin berlangsung selama 10 menit. Sebelum memasuki acara selanjutnya, Master of Ceremonies (MC) mencairkan kembali suasana dengan membagikan beberapa voucher kepada penonton. Selain penampilan dari UKM musik FH UII dan Teater Koin, Fekon juga menghadirkan penampilan dari grup band D3 FE UII yang bernama Drunk A Dust. Drunk A Dust tampil dengan membawakan lagu dari Stars And Rabbit yang berjudul Man Upon The Hill dan dilanjutkan dengan Lost Star dari Adam Levine yang menghanyutkan penonton untuk ikut bernyanyi bersama.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba Feskon dalam bidang olahraga dan kesenian yang telah diselenggarakan sebelumnya. Dari bidang Olahraga Bulutangkis dimenangkan oleh Tim Satrio, dari Basket dimenangkan oleh Tim Newbie, dari Tenis Meja dimenangkan oleh Havitz, dan yang terakhir adalah Futsal dimenangkan oleh Tim Abakuya FC. Menurut Radiansyah Ichwani, yang merupakan ketua dari Feskon mengungkapkan bahwa adanya acara lomba ini diharapkan dapat lebih meningkatkan minat dan bakat mahasiswa dan mahasiswi agar dapat tersalurkan dengan baik. Acara dilanjutkan dengan penampilan dari UKM Musik FE UII dengan membawakan 3 lagu salah satunya adalah betapa dari Sheila on 7 yang langsung dapat membawa penonton untuk ikut bernyanyi bersama. Sebelum masuk di acara terakhir, semua penonton ditunjukkan video Charity for Lombok yang menggambarkan keadaan Lombok pada saat terjadinya musibah. Rangkaian kegiatan Feskon ditutup dengan meriah oleh bintang tamu utama, yaitu The Rain.

Seluruh penonton yang hadir sangat antusias dengan bernyanyi bersama The Rain khususnya pada lagu yang berjudul Terlatih Patah Hati dan Gagal Bersembunyi. Dengan ditutupnya kegiatan Feskon yang ke-3 ini, Radiansyah Ichwani yang merupakan ketua dari Feskon berharap agar mahasiswa dan mahasiswi khususnya mahasiswa-mahasiswi Ekonomi Fakultas Ekonomi UII bisa menghadapi tantangan persaingan ekonomi dalam waktu 20 tahun kedepan dan terbentuknya wadah bagi bakat-bakat olahraga maupun kesenian dalam diri mahasiswa.