Rombongan Kota Bandeng Berkunjung ke FE UII

Tepat pukul 09.45 WIB rombongan akademika FEB Universitas Stikubank Semarang menyapa para akademika Fakultas Ekonomi UII yang telah bersiap menyambut mereka. Aksen jawa khas Kota Semarang mulai terdengar sejak langkah kaki rombongan memasuki gedung kampus. Diantara rombongan kota bandeng itu, ternyata ada yang merupakan alumni Fakultas Ekonomi UII. Oleh karena itu, beberapa diantara mereka sempat berkeliling di daerah lobby dan ruang sidang sehingga menjadi ajang nostalgia semasa kuliah dulu. Para rombongan sempat berbincang-bincang sebentar dengan Dekan FE UII sebelum akhirnya masuk ke dalam ruang sidang. Peserta kunjungan pagi itu terdiri atas Dekan Universitas Stikubank, Ketua Yayasan, Sekretaris Fakultas, Ketua Prodi dan beberapa dosen. Mereka mengambil tempat yang telah disediakan dan menjalani acara diskusi.
Pembawa acara menghaturkan salam pertanda acara akan segera dimulai. Sambutan Dekan FE UII menjadi awalan dalam diskusi tersebut. Setelah itu, dilanjutkan oleh sambutan Dekan FEB UNISBANK yang memberikan kesannya terhadap Fakultas Ekonomi UII. Ia dan tim berharap hal-hal yang akan dibahas pada hari itu mampu menjadi saran yang membangun agar FEB UNISBANK terus berkembang lebih baik lagi. Setelah prakata dari para dekan, acara dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari masing-masing kampus. Penyerahan ini semata-mata sebagai kenang-kenangan dan menjalin silaturahmi antar universitas agar lebih erat hubungannya sehingga mampu membangun satu sama lain.
Setelah rangkaian acara pembukaan, alur diskusi dipandu oleh Pak Jaka Sriyana selaku Dekan FE UII. Sesi ini yang sudah dinanti oleh para peserta, yaitu sesi tanya jawab, sekaligus memaparkan perbandingan dari segi apapun antar kedua universitas. Pertanyaan pertama dilontarkan oleh perwakilan FEB UNISBANK perihal kefektifan struktur bagian dalam lingkup FE UII yakni termasuk, D3, S1, S2, hingga S3. Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Pak Dekan selaku pimpinan kampus, bahwa tata kelola UII sedang dalam proses penyempuranaan berkaca pada kepemimpinan Dekan dan Wakil-wakil Dekan baru saja terpilih. Oleh karena itu, banyak struktur yang harus diperbaruhi agar sesuai dengan regulasi UII yang juga baru terealisasi ini. Selain itu, para peserta juga menanyakan tentang pengelolaan anggaran dan sistem keuangan di FE UII. Terkait pertanyaan ini, Pak Arief Rahman membuka suara, bahwa di UII itu memiliki Catur Dharma, ada juga SPP fix dan variable. Ia mengemukakan bahwa seluruh dana yang masuk ke UII akan dikelola oleh Badan Wakaf UII.
Selain hal-hal tersebut, masih banyak topik yang diperbincangkan seperti, kurikulum UII yang menerapkan Kurikulum Ulil Albab dengan sekelibat kegiatan-kegiatan keagamaan. Beberapa dosen juga menjelaskan mengenai grand design UII kedepannya, hingga prosedur dan siklus jabatan fungsional dosen di kampus. Selain penjelasan dari pihak FE UII, beberapa perwakilan akademika dari UNISBANK juga menjelaskan mengenai struktur dan sistem baik yang berhubungan dengan pengajaran maupun pengelolaan institusi. Penyampaian yang lugas dari rombongan sesekali membuat para perwakilan FE UII juga mengangguk paham. Diskusi berjalan cukup lama, sekitar 2 jam, karena para peserta sangat antusias dengan segala topik yang di diskusikan. Sesekali para rombongan dan perwakilan FE UII saling melempar candaan sehingga diskusi berjalan santai.
Acara diskusi berakhir saat adzan dzuhur berkumandang, Pak Jaka Sriyana selaku Dekan FE UII dan Ibu Euis Soliha selaku Dekan FEB UNISBANK saling menyampaikan terima kasih untuk kesempatan transfer ilmu yang diselenggarakan pagi itu. Semua peserta diskusi berharap dengan adanya kunjungan ini mampu memupuk silaturahmi antar kedua universitas sehingga keduanya mampu mencetak bibit-bibit unggul asli Indonesia.