Pentingnya TOEFL Bagi Mahasiswa

Bahasa Inggris akhir-akhir ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dikuasai dalam menghadapi persaingan global di Indonesia, karena di Indonesia sendiri sudah mulai membuka peluang besar bagi negara-negara asing yang inginencari lapangan pekerjaan di negara tetangga sehingga para pelamar kerja berkompetisi untuk meningkatkan keahlian diri untuk bersaing, salah satunya adalah menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

Oleh karena itu pada tanggal 13 Oktober 2018, di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia diadakan tes TOEFL gratis bagi mahasiswa program studi (prodi) Akuntansi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA). Acara ini dibantu oleh Swift English School yang merupakan lembaga kursus bahasa Inggris di Yogyakarta. TOEFL itu sendiri adalah Test Of English as a Foreign Language (Test bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat, diadakan dengan tujuan menguji kemampuan menulis dan bertata bahasa dalam bahasa Inggris.
“Prepare your future to be success with TOEFL test’ merupakan tema yang diusung oleh Divisi Akademik HMJA untuk acara Accounting TOEFL test gratis yang baru pada tahun ini diselenggarakan, karena disadari bahwa bahasa Inggris sekarang sangatlah penting dalam syarat kelulusan di UII, dan dalam melanjutkan studi di S2 agar lebih mudah, serta syarat untuk mendaftar kerja di beberapa perusahaan. Dilihat bahwa sangat jarang di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia terdapat acara yang dapat mewadahi dan memberi peluang untuk mahasiswa belajar lebih tentang TOEFL. Tes TOEFL ini diselenggarakan untuk angkatan 2015 sampai dengan angkatan 2018, dan telah diikuti oleh kurang lebih 80 orang peserta.
Pada pukul 12.15 sampai dengan pukul 12.30 acara dimulai dengan registrasi peserta, kemudian dilanjut pembukaan oleh Tiara Agtusty Caesarany, dan Afthar Falahziez Anfasa Firdaus dari prodi Akuntasi angkatan 2017 selaku pembawa acara, dilanjut dengan pemberian sambutan oleh direktur HMJA Nur Aufa Izzul Husna. Aufa dalam sambutannya memberi semangat bagi mahasiswa yang menghadiri acara tes TOEFL tersebut dan memanjatkan doa agar hasil tes yang didapat sesuai dengan harapan masing-masing.
Acara dilanjutkan dengan Perkenalan tentang Swift oleh Sunu Broto Laksono sebagai perwalikan dari lembaga Swift, beliau menjelaskan tentang apa itu TOEFL dan pentingnya TOEFL bagi para mahasiwa untuk melanjutkan studi dan karirnya di masa yang akan datang.
Dengan mengikuti kegiatan ini para peserta harus membayar uang komitmen. Uang komitmen ini digunakan agar peserta yang sudah membayar untuk tetap hadir apabila peserta tidak hadir maka uang tersebut dianggap hangus dan peserta kehilangan kesempatan untuk mengikuti tes. Sama seperti tes TOEFL pada umumnya, dalam tes ini para peserta akan mendapatkan tes listening, writing, dan reading yang mana hasilnya akan bisa didapatkan selama 1 minggu setelah tes dilakukan. Untuk penilaian dan koreksi akan langsung dilakukan dari pihak lembaga Swift.
Rencananya acara Accounting TOEFL test ini akan diadakan kembali di tahun selanjutnya kira-kira pada bulan Maret 2019. Pada acara ini fasilitas yang didapat oleh peserta yaitu berupa sertifikat, voucer dari Swift sebesar 10%, dan jika ada peserta yang beruntung peserta akan mendapatkan potongan 50% bagi mereka yang mendapatkan nilai tertinggi.
Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris.