Pentingnya Memperoleh Informasi Pendidikan Tinggi Sejak Dini

Mengetahui informasi tentang perguruan tinggi sedini mungkin merupakan hal yang penting untuk disadari oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat. Salah satu hal yang dapat dijadikan indikator kualitas perguruan tinggi di Indonesia adalah capaian akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Hal itulah yang disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UII Bidang Sumber Daya, Bapak Arief Rahman, SE., M.Com., Ph.D. dalam sambutannya ketika menerima kunjungan ratusan siswa-siswi SMA Al-Hasra Depok di Gedung Kuliah Umum Prof. Dr. M. Sardjito, Kampus Terpadu UII (11/10).

Dalam sambutannya, Arief Rahman menambahkan bahwa saat ini tidak lagi relevan membandingkan perguruan tinggi swasta dengan perguruan tinggi negeri. Menurut Arief Rahman, selama beberapa tahun terakhir, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah merilis pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia setiap tahunnya, dimana perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta berada dalam sistem pemeringkatan yang sama, sehingga memiliki alat ukur yang sama.

“Dalam konteks tersebut, maka tidak lagi relevan untuk membandingkan perguruan tinggi swasta dengan perguruan tinggi negeri, karena memiliki alat ukur kualitas yang sama”, jelas Arief Rahman. Bahkan beberapa perguruan tinggi swasta memiliki peringkat yang lebih baik dibandingkan perguruan tinggi negeri berdasarkan pemeringkatan yang dirilis oleh Kemenristekdikti, tambahnya. UII sendiri merupakan perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti tahun 2018 dan menempati peringkat ke-29 dari lebih 4.000 perguruan tinggi di Indonesia serta memiliki peringkat yang lebih baik dibandingkan dengan banyak perguruan tinggi negeri lainnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Al-Hasra, Bapak Zamzam Firdaus, S.Pd.I. menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan SMA Al-Hasra adalah untuk mengetahui informasi tentang perkuliahan di Fakultas Ekonomi UII. “Siswa-siswi kami perlu mengetahui informasi tentang perkuliahan seawal mungkin agar dapat mempersiapkan diri untuk menempuh pendidikan tinggi dengan lebih baik”, terang Zamzam Firdaus. Menurutnya, UII diyakini memiliki misi yang sama dengan SMA Al-Hasra dimana penyelenggaraan proses pendidikan dilakukan dengan muatan kerangka prinsip-prinsi Islam.

Diharapkan kunjungan SMA Al-Hasra Depok ke Kampus UII mampu membantu siswa-siswi untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menempuh studi lanjut. Bagi Fakultas Ekonomi, kunjungan delegasi sekolah merupakan bukti kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan di UII. (BZD/NFS)