Seminar dan Simulasi Tes IELTS

Pada hari Sabtu, 7 Oktober 2018 Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (LEM FE UII) mengadakan acara Seminar dan Simulasi Test IELTS yang bekerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar Nongki IELTS. Seminar dan  Seminar dan Simulasi Test IELTS tersebut berlangsung pukul 09.45-15.00 di ruang Aula Utara yang berada di lantai tiga. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa – mahasiswi aktif Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII)

IELTS (International English Language Testing System)  adalah Sistem Tes Bahasa Inggris Internasional untuk mengukur kemampuan membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa inggris. Tes Bahasa Inggris IELTS diterima oleh institusi di negara Australia, Selandia Baru dan Inggris.  Berbeda dengan TOEFL yang menggunakan aksen Amerika, IELTS menggunakan bahasa Inggris Britania. Selain itu, perbedaan IELTS dan TOEFL juga dapat dilihat dari format tes, modul tes dan sistem penilaiannya.

Acara dibuka oleh Agung Prastyo dan Yunita Putri yang menjadi Master of Ceremony (MC) pada acara Seminar dan Simulasi Test IELTS tersebut, kemudian disusul dengan pemberian sambutan oleh Almira Danniswara selaku Ketua Acara Seminar dan Simulasi Test IELTS dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini bertujuan meningkatkan intelektual para mahasiswa dalam berbahasa asing khususnya bahasa inggris.

Rangkaian acara yang utama yaitu penyampaian materi Seminar dan Simulasi Test IELTS. Elfa Fitriani selaku pemateri berbagi pengetahuannya mengenai persoalan Kiat – kiat dalam mengerjakan tes IELTS dan dilanjutkan dengan review materi oleh Danny Izza.

Tes pertama dimulai dengan Listening Test yaitu mendengarkan empat rekaman kemudian menjawab pertanyaan yang diajukan. Rekamannya menggunakan suara penutur asli bahasa inggris yang berdurasi selama 30 menit.

Sesi kedua adalah komponen Reading Test yaitu uji keterampilan dalam bahasa inggris yang berguna untuk menguji beberapa keterampilan membaca seperti mencari pesan tersirat, gagasan utama, membaca cepat secara keseluruhan serta mengetahui pendapat, sikap dan maksud penulis teks.

Sesi ketiga adalah Writing Test yaitu tes yang menguji kemampuan menulis dengan topik penulisan bersifat umum sesuai dengan jenis modul yang diambil. Tes terakhir adalah speaking test untuk menilai kemampuan berbicara dalam bahasa inggris.

Setelah ketiga rangkaian tes IELTS telah selesai, peserta akan melanjutkan Speaking Test. Speaking Test dibagi menjadi tiga yang pertama, Introduction and Interview yaitu, peserta akan memperkenalkan dirinya kepada panitia dalam waktu 4-5 menit. yang kedua, Individual Long Turn yaitu, penguji akan memberikan sebuah kartu dengan sebuah topik diskusi, peserta akan diberi waktu 1-2 menit untuk menuliskan catatan singkat dan dilanjutkan dengan membahas topik yang sudah diberikan dengan waktu 1-2 menit dan diberi pertanyaan oleh penguji. Yang ketiga, Two-way Discussion yaitu, peserta akan membahas topik yang telah ditentukan oleh penguji, berbeda dengan Individual Long Turn, kali ini peserta akan berinteraksi lebih banyak dengan penguji waktu yang diberikan 4-5menit.

Rangkaian acara selanjutnya adalah Feedback Speaking dan Feedback Writing yang dilakukan oleh semua peserta dan pembicara serta penguji dari Lembaga Bimbingan Belajar Nongki IELTS dan dilanjutkan dengan Seminar IELTS. Antusias yang tinggi dapat dirasakan oleh semua peserta dan panitia yang hadir pada acara Seminar dan Simulasi Tes IELTS pada sesi tanya jawab dibuka oleh moderator. Berbagai pertanyaan ditujukan kepada pembicara berkenaan dengan materi IELTS. Hal ini menandakan bahwa mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia memiliki ketertarikan terhadap informasi yang diberikan oleh para pembicara.