Memulai Bisnis Sejak di Bangku Perkuliahan

Memulai pengalaman bisnis merupakan hal yang baik untuk dilakukan sejak dini, khususnya ketika memasuki bangku perkuliahan. Banyak mahasiswa-mahasiswi yang memiliki ide bagus untuk dijalankan sebagai suatu bisnis atau usaha. Namun beberapa dari mereka tidak mengeksekusi bisnis tersebut dan hanya sampai dalam tahap ide saja. Kurangnya wadah yang disediakan untuk mahasiswa-mahasiswi dalam menjual produknya menjadi salah satu faktor yang membuat mereka tidak mengeksekusi ide bisnisnya. Menyediakan wadah bagi mahasiswa-mahasiswi dapat sangat membantu mereka dalam mengeksekusi bisnisnya.
Senada dengan hal tersebut, Program Studi Manajemen menyelenggarakan acara Expo Kewirausahaan secara gratis yang berlangsung di Hall Tengah dan Lapangan Sorak Fakultas Ekonomi UII menggunakan tenda Sarnaville (29/11).
Acara ini mengusung tema mengenai ajang kreativitas mahasiswa yang mempunyai bisnis atau ide bisnis kewirausahaan dan praktik untuk kelas Bisnis Pengantar semester 1 jurusan Manajemen. Sehingga mayoritas peserta adalah dari mahasiswa semester 1 jurusan Manajemen. Acara ini melekat dengan mata kuliah Bisnis Pengantar, akan tetapi tidak menutup kesempatan untuk mahasiswa lain selain yang dari mahasiswa di mata kuliah tersebut untuk bergabung di acara Expo Kewirausahaan. Ada sekitar 10 stand yang berasal dari eksternal mahasiswa semester 1 di kelas Bisnis Kewirausahaan. Acara Expo Kewirausahaan untuk yang internal yang dimaksud adalah dari Bisnis Kewirausahaan Program Studi Manajemen, untuk yang eksternal yang dimaksud adalah dari 3 Program Studi yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi. Adanya acara Expo Kewirausahaan ini juga dimanfaatkan oleh salah satu Study Club Entrepreneur Community (EC) FE UII untuk melatih anggota magangnya untuk merealisasikan rencana bisnisnya.
Ada 64 tenant yang mengisi acara Expo Kewirausahaan tahun ini, termasuk 10 diantaranya yang berasal dari tenant eksternal. Dari 64 tenant tersebut diisi mayoritas hampir 95% dari produk makanan, namun ada juga produk lain seperti minuman, pakaian, dan kerajinan. Penyelenggara memberikan penghargaan berupa uang tunai kepada 3 pemenang dari masing-masing kategori yaitu dari kategori orisinalitas ide bisnis, perspektif ide bisnis, dan portofolio ide bisnis. Pemenang ditentukan melalui pemungutan suara yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UII melalui akun UII.
“Untuk rencana tahun depan atau dua tahun kedepan sebenarnya acara Expo Kewirausahaan ini ingin menjadi satu rangkaian dengan acara yang terkait dengan Program Studi manajemen seperti Workshop Kewirausahaan, dan lomba Bisnis Model Kanvas. Untuk konsepnya akan tetap dari mata kuliah Bisnis Pengantar, namun untuk yang eksternal berkeinginan Workshop nya dari awal, lalu memberikan pelatihan melalui Bisnis Model Kanvas, kemudian diadakan lomba, dan dari lomba tersebut kemudian finalis-finalisnya dapat membuka Expo nya disini.” Tutur Istyakara Muslichah S.E., MBA..
“Acara ini merupakan acara rutin tahunan yang diadakan tiap semester ganjil. Dalam pelaksanaan acara ini, Ketua program studi Manajemen menggaet divisi EDP yakni Entrepreneur Development Program dan dari pihak Kaprodi yang diberi amanah untuk menjalankan acara ini adalah saya.” Jelas Istyakara.
Dalam hal untuk pelaksanaan teknisnya, seperti dalam hal pembawa acara, desain-desain dan dokumentasi acara Expo Kewirausahaan ini bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) yang biasa disebut Management Community (MC).
“Tujuan atau output yang diharapkan dengan adanya acara Expo Kewirausahan ini adalah supaya mahasiswa-mahasiswi mengetahui bagaimana caranya sales atau menjual produknya dan brain storming untuk produknya.” Jelas Istyakara. (NFS)