Sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik dan tertua di Indonesia, Universitas Islam Indonesia sering menerima kunjungan dari berbagai universitas lain. Seperti Rabu (23/1) silam, berkunjung ke Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII), menjadi salah satu agenda dari kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Musi Rawas, Lubuklinggau. Dengan maksud pengenalan serta diskusi bersama, acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan STIE Musi Rawas, beberapa dosen pembimbing, serta lebih dari 200 mahasiswa STIE Musi Rawas.

Acara dibuka dengan ucapan selamat datang dan pengenalan secara umum Universitas Islam Indonesia oleh Bapak Jaka Sriyana selaku Dekan Faklultas Ekonomi UII. Dalam sesi pembukaan tersebut, Bapak Supriyanto, Wakil Dekan STIE Musi Rawas juga mengutarakan rasa terimakasih serta pemaparan tujuan dari kunjungan tersebut. “Dari kunjungan ini, kami ingin belajar bersama Universitas Islam Indonesia dalam menumbuhkan serta mengasah keterampilan berwirausaha. Harapannya, mahasiswa kami dapat turut andil dalam menciptakan lapangan pekerjaan sendiri serta terjaganya silaturahmi antara STIE Musi Rawas dengan Universitas Islam Indonesia,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata sebagai simbol terjalinnya silaturahmi antara Fakultas Ekonomi UII dengan STIE Musi Rawas, serta sebagai kenang-kenangan kepada kedua pihak. Hal tersebut dimaksudkan agar silaturahmi yang terjalin semakin erat, sehingga mampu membawa pembangunan bersama yang lebih baik.

Puncak acara dari kunjungan mahasiswa STIE Musi Rawas yaitu, diskusi bersama yang dipandu Bapak Arief Rahman selaku Wakil Dekan Fakultas Ekonomi UII. Sesi ini merupakan pemaparan serta perbandingan program-program antar kedua universitas yang dibantu oleh Ketua Program Studi Manajemen Program Sarjana, Bapak Anjar Priyono dan Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana, Bapak Mahmudi. Dengan antusiame yang cukup baik dari peserta kunjungan, memberikan semangat terhadap kedua pihak dalam berbagi informasi dan kiat-kiat dalam membangun universitas yang lebih baik.

Pada sesi diskusi pertanyaan pun bermunculan, salah satunya yang dilontarkan oleh Diah, mahasiswa STIE Musi Rawas perihal dukungan terhadap prestasi mahasiswa serta beasiswa yang disediakan UII kepada mahasiswanya. Pertanyaan tersebut dijawab langsung oleh Bapak Arief Rahman, bahwa di UII khususnya Fakultas Ekonomi besar karena mahasiswanya. Sehingga Fakultas Ekonomi UII memiliki skema penelitian bersama dosen dan mahasiswa yang menjadi unggulan dan terlibat aktif dalam mengikuti konferensi hingga menjadi jurnal penelitian internasional. Fakultas Ekonomi UII akan mendukung secara penuh mahasiswanya yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Sedangkan untuk sistem beasiswa, UII  memiliki dua jenis beasiswa yang disediakan, yaitu beasiswa yang disediakan oleh Dikti dan UII sendiri seperti beasiswa duafa serta hafiz Al-Quran. Selain itu, UII juga menyediakan beasiswa yang bekerjasama dengan beberapa instansi terkait.

Selain hal-hal tersebut, masih banyak topik yang diperbincangkan seperti, penerapan kurikulum di Fakultas Ekonomi UII, program penunjang prestasi mahasiswa, serta kiat-kiat dalam menumbuhkan serta mengasah minat berwirausaha bagi mahasiswa. Sesi diskusi berjalan dengan santai, sesekali para rombongan dan perwakilan FE UII saling melempar canda. Acara diskusi pun berakhir sesaat sebelum azan zuhur berkumandang dan ditutup dengan penyampaian ucapan terima kasih atas kesempatan diskusi serta transfer ilmu yang telah diselenggarakan. Didasari dengan kesadaran akan pentingnya membentuk jiwa berwirausaha, seluruh peserta diskusi berharap, dengan adanya kunjungan ini mampu memupuk silaturahmi antar kedua universitas sehingga keduanya mampu mencetak bibit-bibit unggul untuk Indonesia. (SAR)