Masih tingginya angka pengangguran terdidik di Indonesia salah satunya disebabkan oleh kurangnya skill yang dimiliki lulusan. Selain itu, kalangan industri juga berpendapat bahwa pengetahuan dan skill yang dimiliki lulusan tidak sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Oleh karena itu, perlu usaha untuk menjembatani lulusan meningkatkan skill melalui pembelajaran alternatif. Permasalahan tersebut menginspirasi mahasiswa UII Jurusan Manajemen IP Fakultas Ekonomi 2015, Muhammad Yoga Izzani untuk menggagas ide E-learning mengenai pengembangan skill pada aplikasi Maxstream.

Menurut Yoga, kebanyakan lulusan di Indonesia hanya mendapatkan ilmu teoritis di kampus saja, tanpa mempunyai skill khusus yang dibutuhkan di dunia kerja. “Lulusan di Indonesia kebanyakan tidak mempunyai skill khusus. Oleh karena itu, saya membuat ide E-learning pada aplikasi Maxstream untuk skill-skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Contohnya seperti sertifikasi Digital Marketing, sertifikasi software adobe, dan lain-lain.” Jelasnya.

Melalui gagasan e-learning di aplikasi Maxstream, setiap orang dapat belajar skill-skill baru yang nantinya berguna di dunia kerja. Untuk belajar hanya diperlukan niat dan kesungguhan karena aplikasi dapat diakses dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

Ia melanjutkan, para peserta E-learning diharapkan nantinya bisa menonton seluruh video pembelajaran kapanpun dan di manapun dari para profesional trainer dan di akhir episode pembelajaranya akan ada tes online untuk mendapatkan sertifikasi.

“Target marketnya sebenarnya bukan hanya para job seeker saja, tapi juga bisa digunakan untuk para lulusan yang ingin jadi pengusaha atau para pengejar beasiswa. Pastinya mereka juga membutuhkan spesifik skill yang belum mereka miliki.” Tambahnya.

Gagasan milik Yoga ini berhasil menghantarkannya sebagai Best Talent melalui ajang IndonesiaNext 2018 setelah mengalahkan lebih dari 17 ribu peserta lainnya di seluruh Indonesia. Setelah melakukan presentasi mengenai gagasannya tersebut, ia pun terpilih berkesempatan menuju Tokyo, Jepang bersama 10 pemenang lainnya untuk mengikuti short course di perguruan tinggi dan beberapa perusahaan ternama di sana pada bulan April mendatang.

IndonesiaNEXT merupakan program unggulan CSR Telkomsel berupa sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif. IndonesiaNEXT 2018 diisi dengan rangkaian acara berupa seminar yang memberikan inspirasi bagi para mahasiswa, pelatihan kompetensi, dan ditutup dengan program ujian sertifikasi tingkat nasional dan internasional.

Yoga juga menjelaskan begitu banyak kesan yang ia dapatkan selama mengikuti ajang IndonesiaNext 2018 seperti pengalaman pembelajaran, training, sertifikasi serta bertemu dengan orang-orang hebat lainnya dari berbagai universitas di Indonesia. Menurutnya hal itu tidak bisa ia dapatkan di bangku kuliah. Ke depannya, Ia berharap akan banyak mahasiswa UII yang bisa ikut program ini. (NIQ/ESP)

Sumber: uii.ac.id