Sebagai Universitas Nasional Pertama di Indonesia yang telah berdiri selama 76 tahun membuat Universitas Islam Indonesia mendapat reputasi yang baik dan seringkali mendapat kepercayaan untuk kunjungan maupun studi banding dari berbagai sekolah dan institusi. Rabu pagi (13/3) rombongan SMA Prakarya Santi Asromo Majalengka melakukan kunjungan ke Universitas Islam Indonesia. Para siswa terlihat antusias saat memasuki Gedung Kuliah Umum. Rombongan kemudian disambut dengan hangat oleh Bapak Galang Prihardi Mahardika, S.Kom., M.Kom. selaku Kepala Divisi Promosi Universitas Islam Indonesia, dalam sambutannya Pak Galang menyampaikan “UII dan Santi Asromo memiliki kedekatan karna terlahir dari orang tua yang sama yakni KH. Abdul Chaliem” seperti yang diketahui, Yayasan KH. Abdul Chaliem Pondok Mufidah Santi Asromo didirikan oleh KH. Abdul Chaliem yang juga merupakan salah satu tokoh bangsa pendiri Universitas Islam Indonesia. Oleh karena itu, penyambutan tamu dari sekolah tersebut telah dipersiapkan sebaik-baiknya oleh Direktorat Pemasaran UII bersama Marketing and Communications FE UII.

Selanjutnya sambutan juga diberikan oleh Bapak Dulhabid, M. Pd selaku perwakilan dari SMA Prakarya Santi Asromo. Pak Dulhabid mengatakan bahwa kunjungan ini mampu memberi penjelasan kepada siswa dan siswi untuk lebih mengetahui program studi yang akan dipilih dan memberi arahan mengenai potensi yang dimiliki siswa. Kegiatan ini pun menjadi salah satu upaya bimbingan karir bagi para alumni yang diadakan setiap semester.

Rombongan yang terdiri dari 58 siswa serta lima orang pendamping telah tiba di Yogyakarta sejak dini hari, walaupun tiba sangat pagi tetapi tidak mengurangi antusias mereka untuk mendengarkan penyampaian materi selama sesi kunjungan berlangsung. Suasana nampak cair saat sesi pemaparan tentang profil Universitas Islam Indonesia disampaikan oleh Baziedy Aditya Darmawan, S.E., M.M. selaku Manager Marketing and Communications Fakultas Ekonomi UII. Selain itu, Pak Baziedy pun menyampaikan mengenai informasi penerimaan mahasiswa baru, beasiswa, dan biaya hidup di Yogyakarta. Sesekali penyampaian tersebut diselingi candaan bersama para siswa dan siswi dengan menebak nama dari tokoh-tokoh pendiri UII yang juga merupakan para pahlawan bangsa.

Pada saat sesi diskusi dibuka, para siswa terlihat bersemangat mempersiapkan pertanyan yang akan mereka utarakan, bahkan pihak guru dari SMA Prakarya Santi Asromo pun tidak mau kalah dengan ikut aktif bertanya. Pertanyaan yang diberikan  ialah seputar Universitas Islam Indonesia karna bagi pihak guru informasi ini sangat penting untuk bekal mereka menyampaikan kepada siswa dan wali murid. Layaknya siswa SMA yang bimbang melanjutkan pendidikan, tentu informasi seputar universitas adalah hal yang sangat dibutuhkan. Ketertarikan mereka jatuh pada kemampuan Universitas Islam Indonesia menyediakan program double degree untuk mahasiswanya.

Selain sebuah kegiatan yang informatif, bagi beberapa siswa kunjungan ini merupakan kunjungan yang menyenangkan dan berkesan. Mereka merasa beruntung dapat mengunjungi universitas swasta terbaik di Indonesia. Para siswa dapat secara langsung melihat fasilitas kampus hingga kemegahan bangunan yang dimiliki Universitas Islam Indonesia. Kesan positif juga diberikan oleh Tuti Handayani, S.Pd. selaku pembimbing, beliau menyampaikan bahwa kunjungan di Universitas Islam Indonesia adalah kunjungan terbaik yang pernah beliau rasakan. Kunjungan diakhiri dengan berkeliling lingkungan kampus untuk merasakan lebih dalam atmosfer belajar dan berkunjung ke Museum serta Candi Kimpulan yang menjadi ciri khas Universitas Islam Indonesia. Penyambutan ini akan terus dilaksanakan oleh tim Marketing and Communications UII karna merupakan bentuk sosialisasi secara langsung kepada calon mahasiswa baru.