Dalam rangka memperingati Milad UII ke-76, Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) ikut meramaikan acara tersebut dengan mengadakan kegiatan pameran buku yang diselenggarakan di Hall Tengah FE UII. Acara pameran buku diadakan pada tanggal delapan April 2019 sampai dengan 12 April 2019. Pameran buku ini memiliki tiga kegiatan utama yaitu, yaitu Workshop Smartphone Photoghraphy, Talkshow & Bedah Buku, serta Workshop Kepenulisan. Selain ketiga acara utama di atas ada beberapa kegiatan hiburan lain seperti demo hijab syar’i dari Karita dan juga beauty demo dari Wardah.

Pada hari pertama, acara diawali dengan pembukaan pameran buku yang dihadiri oleh para distributor dan penerbit buku yang sudah diundang oleh pihak perpustakaan FE UII, kemudian di hari selanjutnya diadakan Workshop Smartphone Photography dengan pemateri Wimbo Prakoso Jati. Tujuan dari kegiatan workshop ini adalah agar generasi muda mampu untuk memanfaatkan smartphone dan media sosial khususnya instagram untuk digunakan sebagai alat pengembangan minat dan bakat di dunia photography.

“Berekspresilah sejauh-jauhnya dan jangan malu untuk share apapun hasilnya” kata Wimbo sebagai bentuk motivasi,  karena foto dianggap berhasil ketika orang lain dapat meluangkan waktu untuk melihat dan bertanya bagaimana teknik untuk mengambil foto tersebut.

Selanjutnya, acara pada hari ketiga adalah bedah buku yang berjudul “Cahaya di Tirai Sakura.” Penulis dari buku ini adalah salah satu alumni sukses FE UII yaitu Riza Perdana Kusuma yang sekarang menjabat sebagai President Director PT. Indonesia Ferry Property. Buku yang dibedah dalam acara ini adalah berdasarkan pengalamannya selama tiga tahun menjadi General Manager Garuda di Jepang. Menulis bagi Riza adalah sebuah warisan yang akan diwariskan kepada cucu-cucunya kelak dan tentang apa saja yang telah Riza capai selama berkarir. Di akhir sesi, beliau berpesan kepada generasi muda untuk selalu bersemangat dan tidak lupa untuk selalu meminta doa kepada orang tua karena menurut Riza orang tua adalah pintu terwujudnya semua mimpi seorang anak, sebab karena restu mereka maka kata ‘iya’ dari Allah SWT akan diturunkan dengan senyuman. Dalam acara bedah buku ini, respon peserta cukup antusias dan interaktif saat sesi diskusi dan tanya jawab dibuka oleh moderator.

Pada hari terakhir dari rangkaian acara yang diadakan oleh Perpustakaan FE UII diisi dengan kegiatan workshop kepenulisan yang berjudul “Nge-Blog Asik Ala Mahasiswa UII” yang disampaikan oleh Dian Farida Ismyama, seorang lifestyle and travel blogger yang juga sekaligus bekerja menjadi Dosen Farmasi di Universitas Kader Bangsa, Palembang.

Salah satu pesan yang disampaikan oleh Dian Farida pada saat menyampaikan materi adalah, “Saat membuat blog pikirkan untuk siapa kita menulis blog, pertama tentu untuk diri sendiri yang bermanfaat sebagai motivasi, inspirasi, dokumentasi pribadi, sekaligus sebagai personal branding dan manfaat kedua adalah untuk orang lain yaitu teman atau followers, pembaca khusus, dan kebutuhan kampus.”

Dian Farida juga menambahkan “Think before posting and sharing before sharing,” yang maksudnya dalam penulisan blog harus mencantumkan nama sumber atau referensi foto atau tulisan yang telah digunakan jika mengambil dari orang lain, agar tidak termasuk dalam tindakan plagiarisme dan hoax.

Serangkaian acara pameran buku yang dilakukan oleh Perpustakaan FE UII adalah ditujukan untuk generasi muda agar mendapatkan soft skill dalam bidang menulis dan meningkatkan minat baca dalam era dunia digital ini. Acara ini ditutup dengan penentuan doorprize dan penyerahan hadiah photo challenge dan reward pemustaka untuk penonton dan penerbit yang senantiasa mengikuti serangkaian acara pameran buku yang telah diadakan oleh perpustakaan FE UII.