,

Tingkatkan Peluang Karir: Asah Potensi Mahasiswa melalui Program Magang

Saat ini, tren magang (internship) sedang naik daun di kalangan kawula muda, terutama mahasiswa. Internship sangat penting bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri agar kelak mampu beradaptasi di dunia karier. Namun, tidak semua universitas di Indonesia memperhatikan urgensi program internship bagi mahasiswanya. Para kaum muda sendiri juga kerap melewatkan program internship karena dianggap tidak terlalu perlu untuk dilakukan dan minimnya informasi yang sampai ke mereka.  

Melihat fenomena yang terjadi saat ini, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM), Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia mengadakan Webinar Goes To Society #1 dengan tema Level Up Your Career Game: Unleash Your Potential With Internship yang dilakukan secara daring via zoom. Webinar ini berlangsung pada hari Minggu (06/13) dengan sesi pemaparan materi oleh Muhammad Hafiz Malik selaku People and Culture Manager di Pameo. Pameo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang desain grafis dan menyediakan jasa desain, grafis, pengembangan situs web, dan layanan pemasaran digital. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2015 dan berlokasi di Yogyakarta. 

Dalam paparannya, Muhammad Hafiz Malik menyampaikan pentingnya mengikuti internship sebelum terjun sepenuhnya ke dunia profesional. “Karena dengan adanya magang, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja dan mengetahui kondisi kehidupan pekerjaan yang sesungguhnya. Selain itu, mahasiswa juga dapat memperluas wawasan dan mempelajari persoalan masalah yang ada di perusahaan”, ujar Hafiz. Hal ini sejalan dengan pernyataan salah satu peserta webinar, Imam N. F. yang mengutarakan bahwa program internship ibarat geladi sebelum memasuki dunia kerja, sehingga tidak bisa disepelekan.

Selain itu, Hafiz juga menerangkan beberapa tips untuk mengikuti magang. Diawali dengan menentukan tujuan kenapa kamu ingin mengikuti program magang tersebut, baik untuk menambah pengalaman ataupun mengasah skill profesional. Kedua, cari program magang yang sesuai dengan goal dan periksa apakah perusahaan tersebut sesuai dengan tujuan yang kita mau. Ketiga, cari tahu apakah lokasi perusahaan tersebut dekat atau jauh dan sesuaikan dengan kemampuan kita. Terakhir, berapa lama durasi magang yang ingin dilakukan. Apakah hanya satu bulan atau tiga bulan, sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

Sebagai penutup, Aufa Al Zhafir selaku moderator menyimpulkan, “Dalam dunia pekerjaan, hard skill, soft skill, tata krama, kepercayaan diri, networking dan rekomendasi menjadi hal yang penting, begitu pula dengan menampilkan CV yang menarik dan memenuhi kriteria. Berbagai pertimbangan ini menjadi penilaian penting saat mengajukan lamaran internship maupun melamar pekerjaan nantinya”. Maka dari itu, sebagai mahasiswa jangan sampai kita melewatkan program internship karena akan banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika kita mengikuti program ini. (SAH/PIO)