,

Mulailah untuk Memutuskan Rencana Studi

Untuk membantu dan mengarahkan mahasiswa Program Studi Akuntansi dalam melaksanakan Key In, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) mengadakan Sosialisasi Key In Semester Ganjil 2021/2022 untuk Program Studi Akuntansi. Kegiatan ini diadakan secara daring melalui platform zoom pada Jumat, 27 Agustus 2021 dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi Sarjana Akuntansi. Mengingat adanya kebijakan Kampus Merdeka, Program Studi Akuntansi mulai mengimplementasikannya pada semester ganjil dan mempertimbangkan perubahan yang terjadi terkait penyesuaian kebijakan Kampus Merdeka dengan kurikulum.

Sekretaris Program Studi Sarjana Akuntansi FBE UII, Rifqi Muhammad SE. M.Sc. PhD, sebagai pembicara mengatakan, “Mulai semester ini, Program Studi Akuntansi dan Program Studi lainnya di Fakultas Bisnis dan Ekonomika harus melakukan proses penyesuaian terkait kurikulum baru sehingga ada beberapa perubahan yang dilakukan.” Terdapat perubahan nilai karena berubahnya jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) untuk Program Sarjana, baik jalur reguler, magang, maupun kewirausahaan. Tambahnya, beliau menginformasikan, “Untuk mahasiswa angkatan 2018 yang memilih jalur wirausaha disarankan untuk mengambil mata kuliah pilihan yang linier seperti Inovasi Produk, Pemasaran Digital, dan lainya. Sedangkan bagi mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 yang berencana mengikuti jalur magang, tidak perlu mengambil Mata Kuliah Pilihan (MKP), tetapi kalian harus sudah menentukan perusahaan mana yang akan menjadi tempat magang atau bisa juga mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).”

Menurut Rifqi Muhammad, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dibuat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sedikit spekulatif, “Jangan berspekulasi bisa mengikuti program MBKM dan melepas Mata Kuliah Pilihan, sementara kalian tidak yakin bisa lolos. Karena semakin lama semakin kompetitif,” ungkapnya. Terkait mahasiswa yang mengikuti jalur magang dan wirausaha, akan ada pertemuan khusus yang nantinya diinformasikan di grup.

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia tidak menerapkan pra-key in. Tanggal tentatif key in adalah 1 September atau diundur sampai 10 September 2021, masih menunggu keputusan dari Universitas pada hari Senin, 30 Agustus  2021 nanti. Jika ingin mengetahui tutorial proses key in, bisa melihatnya di youtube Badan Sistem Informasi UII.

Rifqi juga menginformasikan bahwa mahasiswa Akuntansi FBE UII wajib mengikuti dan menyerahkan hasil Cambridge English Placement Test (CEPT) ke prodi, “Berapapun skornya yang penting kalian sudah mengikut CEPT. Sehingga prodi tau level kalian dan bisa mengambil kebijakan terkait mahasiswa yang belum memenuhi skor,” tambahnya. (MZH/AAM)