,

Raih Kesempatan Dual Degree bersama Akuntansi IP FBE UII

Kesempatan Study Abroad dengan mitra universitas di luar negeri tidak hanya membuka pintu untuk menjelajahi dunia, tetapi juga untuk menjadi sumber belajar keterampilan hidup. Tidak heran jika belajar di luar negeri dianggap sangat bermanfaat baik untuk pengembangan pribadi maupun profesional. 

Melalui Webinar IP (International Program) bertajuk “Studying in East Asia: Study Abroad with International Program in Accounting UII”(23/08), Program Studi Akuntansi Program Internasional Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) berusaha mengenalkan lebih dalam tentang Program Internasional dan kerjasama yang dijalin oleh UII dengan berbagai universitas di luar negeri yang bertujuan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mengikuti kuliah dual degree dan memberikan rekomendasi dengan program unggulan yang ditawarkan. 

Ketua Program Studi Akuntansi, Dr. Mahmudi, SE., M.Si., Ak, CMA, CA, dalam sambutannya mengatakan, “dengan adanya program dual degree diharapkan adanya value added ketika mahasiswa berkarir di masing-masing bidang dan memberikan insight yang besar,”.

Kegiatan yang digelar secara daring ini, menghadirkan empat pembicara yaitu Sekretaris Internasional Program Studi Akuntansi FBE UII, Ayu Chairina Laksmi, SE., M.App.Com., M. Res., Ph.D., Ak., CA; Kepala Divisi Mobilitas Internasional-Direktorat Kemitraan/Kantor Urusan Internasional UII, Nihlah Ilhami; International RelationsSolBridge International School of Business, Rezia Usman; dan Program Coordinator at Indonesia Nanjing Xiaozhuang University (NXU) Office, M. Ridlwan. 

Sesuai dengan tema webinar kali ini, Ayu menegaskan,“Program Studi Akuntansi memiliki universitas partner di luar negeri, dua diantaranya, SolBridge International School of Business di Korea Selatan, dan Nanjing Xiaozhuang University di China”.

Selain itu, UII berkomitmen membantu mahasiswa untuk melakukan mobilitas internasional. Nihlah Ilhami menambahkan bahwa, “UII juga memiliki program degree dan non-degree dengan beberapa mitra di luar negeri,”. 

SolBridge International School of Business memiliki keunikan diantaranya adanya dukungan untuk mahasiswa yang dapat diandalkan yaitu writing center, psychological center, Career Development Center (CDC), dan berbagai pelatihan. 

Rezia menambahkan, “Pada saat pandemi dimulai hingga sekarang, dosen kami harus selalu masuk ke kampus. Para dosen dengan senang hati membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan karena mereka juga orang internasional yang mengerti susahnya menjadi mahasiswa internasional,”.

NXU juga tidak kalah mempunyai banyak prestasi diantaranya sebagai lembaga penelitian pendidikan East China Education Think Tank, Nanjing Education Think Tank, dan Nanjing Juvenile Mental Health Institute

Ridlwan menjelaskan, “Nanjing Xiaozhuang University memiliki basis pelatihan untuk IOS, Apple Center untuk Jiangsu Province yang hanya ada enam di China,”. 

Diharapkan dengan diadakannya Webinar IP ini, mahasiswa dapat memotivasi dirinya untuk mengikuti program dual degree dengan universitas mitra UII di luar negeri dan mempersiapkan persyaratannya lebih dini. (ARA/AD)