,

Pentingnya Memilih Peminatan yang Sesuai dengan Karakteristik Mahasiswa

Untuk membantu menentukan kemana mahasiswa diharuskan untuk memilih peminatan terkait tugas akhir kuliah, Program Studi Manajemen Universitas Islam Indonesia mengadakan “Sosialisasi Peminatan Bagi Angkatan 2019”. ​​Kegiatan ini diadakan secara daring melalui platform zoom dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa Prodi Manajemen angkatan 2019. (25/08).

Dalam sambutannya, Anjar Priyono menuturkan, “Peminatan yang terbaik adalah peminatan yang sesuai dengan minat mahasiswa.” Lebih lanjut, Anjar juga menegaskan untuk tidak ikut-ikutan dengan teman terkait pilihan peminatan karena keputusan masa depan ada di tangan sendiri.

Ada empat bidang ilmu peminatan yang ditawarkan yaitu ada Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Keuangan. Handrio Adhi Pradana menjelaskan terkait Manajemen Sumber Daya Manusia yaitu ilmu yang yang berdiri sendiri, terdapat pendekatan soft dan hard Manajemen dan mengikuti dinamika eksternal. Handrio menambahkan beberapa konversi mata kuliah dan memaparkan beberapa dosen gugus SDM yang akan mengajar mata kuliah peminatan SDM.

Dilanjutkan oleh Baziedy Aditya Darmawan, selaku dosen gugus Manajemen Operasi menjelaskan bahwa Manajemen Operasi menawarkan mata kuliah yang berkaitan dengan aktivitas penciptaan nilai (value) yang ditujukan kepada pelanggan dalam bentuk produk dan melalui proses transformasi input menjadi output. Baziedy juga menjelaskan beberapa topik tugas akhir yang ditawarkan beserta dosen pembimbing yang dapat dilihat minat penelitiannya di uii.id/dosenfe. Beliau juga memaparkan beberapa peluang karir dan menyimpulkan bahwa Manajemen Operasi adalah inti dari bisnis dan jantung dari perusahaan yang berguna bagi proses bisnis dalam suatu organisasi.

Dalam pemaparan materi peminatan Manajemen Pemasaran, Hendy Mustiko Aji menjelaskan secara singkat tiga mata kuliah peminatan pemasaran yang wajib untuk diambil, yaitu Digital Marketing, Pemasaran Islami dan Business Process in Sales Order Management. Dengan adanya perubahan kurikulum baru, tugas akhir harus dipublikasikan sesuai dengan pilihan bentuk tugas akhir yaitu Rancangan Bangun Bisnis (RBB), laporan magang dan skripsi. Hendy menambahkan, “Apabila mahasiswa mengambil jalur skripsi, maka dalam menentukan topik mahasiswa wajib mengacu pada karya ilmiah dosen pembimbing yang dituju.”

Terkait peminatan Manajemen Keuangan, Katiya Nahda mengawali materi dengan menjelaskan kajian utama di bidang keuangan. Katiya menuturkan, “Terkait mata kuliah yang dapat mahasiswa dapatkan, dua diantaranya sudah dikonversi oleh prodi. Kemudian mahasiswa masih memiliki kesempatan untuk mengambil tiga mata kuliah peminatan wajib, diantaranya Digital Finance, Entrepreneurial Finance dan Business Process in Management Accounting.

Untuk menindaklanjuti permasalahan yang sekiranya akan muncul dalam proses pemilihan peminatan, Anjar Priyono memberikan pesan agar mahasiswa dapat melakukan konsultasi dengan prodi dan tidak mencari informasi ke teman-teman lainnya. Dengan sosialisasi ini diharapkan mahasiswa dapat memantapkan pilihan peminatan pada semester mendatang. (SAR/SLS)