,

Menjadi Akuntan Profesional bersama ACCA UII

Kompetensi profesional merupakan salah satu penjamin mutu dan kualitas layanan dari seorang profesional di suatu bidang. Setiap individu yang menginginkan untuk menjadi sarjana akuntansi profesional harus memiliki salah satu kompetensi yang bersertifikat. Melalui Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) memungkinkan seorang sarjana akuntansi profesional untuk menyelesaikan masalah, membuat keputusan dan memakai judgement yang tepat pada setiap kondisi organisasi yang bersifat kompleks. 

“Saat ini kompetensi bagi lulusan menjadi sangat penting untuk memenangkan persaingan dalam dunia kerja. Kami di Program Studi Akuntansi memberikan pembekalan sertifikasi kompetensi yang diakui secara internasional bekerja sama dengan ACCA menyelenggarakan program kelas khusus ACCA,” ujar Dr. Mahmudi, SE., M.Si., Ak., CA., CMA., saat menyampaikan sambutan dalam webinar “Membangun Kompetensi Profesional Akuntansi bersama ACCA UII” yang diadakan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) yang bertujuan untuk berbagi informasi dan mengajak mahasiswa untuk mengikuti kelas khusus ACCA (14/09).

Kualifikasi ACCA diakui di seluruh dunia dan bertujuan untuk menawarkan sebuah pendidikan kualifikasi yang relevan dengan perkembangan kebutuhan bisnis kepada orang-orang di seluruh dunia yang selalu berambisi untuk memiliki kemampuan dan meniti karir yang melejit di bidang akuntansi, keuangan, dan manajemen.

“ACCA juga menyediakan professional insight dimana dari tim ACCA seluruh dunia melakukan berbagai macam penelitian dan juga report mengenai apa saja perubahan yang terjadi di bidang akuntansi dan keuangan,” imbuh Frans Elyan selaku Business Relationship Manager ACCA Indonesia. 

Melalui Program ACCA, mahasiswa mendapatkan keuntungan yang tidak terbatas secara global karena semua industri membutuhkan profesional di keuangan. Terbukti  pada beberapa lowongan pekerjaan baik akuntansi maupun keuangan mencantumkan membutuhkan sertifikat accounting sehingga akan memiliki daya saing yang lebih tinggi dibanding yang lain.

FBE UII membangun kompetensi profesional melalui kelas akselerasi ACCA. “Akselerasi yang dimaksud adalah mahasiswa menempuh kurikulum yang di desain oleh Program Studi Akuntansi UII dan pada waktu yang bersamaan juga belajar mengenai beberapa modul ACCA yang kemudian ujian modul tersebut,” jelas Yuni Nustini selaku Direktur ACCA Program UII. 

“Mengetahui isu-isu yang sedang berkembang di dunia nyata dan bagaimana solusinya merupakan manfaat yang saya rasakan. Tidak hanya berdasarkan teori karena di ACCA sangat praktikal. Saya juga dapat membangun karakter diri seperti disiplin dan konsisten,” tambah Fathur Razzaq selaku alumni FBE UII.

Selain itu, dengan ACCA banyak softskill mahasiswa dapat terasah seperti management skill, communication skill, dan team work skill. “Pendekatan yang digunakan dalam ACCA merupakan pendekatan profesional dengan tujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk hands-on dalam dunia kerja,” tutup Maulidyati Aisyah, SE,. M.Com., selaku moderator. (AFH)