,

Sistem ERP-SAP: Perluas Kesempatan Kerja

Program studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) kini menghadirkan webinar yang mengangkat tema “Career Opportunities in ERP-SAP” bersama NTT Data yang diselenggarakan pada Rabu (09/02). Webinar ini diadakan guna untuk memberikan gambaran tentang semakin terbukanya peluang karir di bidang Enterprise Resource Planning (ERP). Seperti yang disampaikan oleh Mahmudi, Dr., S.E., M.Si., Ak., CMA, CA., selaku Ketua Program Studi Akuntansi dalam sambutannya, “Kegiatan ini sangat positif untuk diikuti alumni dan mahasiswa semester terakhir untuk mengembangkan diri. Harapan dari adanya webinar ini dapat mengedukasi mahasiswa agar bisa berkarir di bidang ERP”. Webinar pada kali ini dipandu oleh dua pemateri yaitu Julius Affandi Zega dan Enki Rahmawati. 

Pada pemaparan yang pertama dilakukan oleh Julius Affandi Zega terkait SAP Next Generation. Beliau menjelaskan mengenai evolusi SAP mulai dari SAP R/3 pada tahun 1992 hingga berkembang menjadi SAP Suite on HANA pada tahun 2011. Perkembangan SAP berlanjut hingga tahun 2015 dengan kemunculan teknologi terbaru yaitu SAP S/4HANA yang hadir dengan tampilan baru, analitik yang realtime dan prediktif, serta performa yang lebih bagus. 

“SAP menyiapkan berbagai produk yang dibutuhkan berbagai macam industri, mulai dari manufacturing, transportation, dan sebagainya” jelas Julius. Beliau juga mengatakan bahwa Career Opportunities di bidang ini sangat terbuka lebar seperti project management dan administration, finance accounting, controlling, human capital management, dan lain-lain. 

Pemaparan materi selanjutnya dilakukan oleh Enki Rahmawati yang merupakan salah satu alumni mahasiswa Akuntansi FBE UII. Beliau mengawali pemaparan materi dengan memperkenalkan sejarah perusahaan NTT Data beserta grup di bawahnya. Salah satu grup di bawah NTT Data yang dijelaskan oleh Enki adalah NTT Data Business Solutions Group (NDBS).

Enki menjelaskan bahwa “Seiring perkembangannya, SAP yang digunakan NDBS telah didukung oleh digital core, Cloud LoB, Core Industries, dan Innovation Technology”. Selain memperoleh banyak sertifikat, NDBS juga melayani secara holistik dengan layanan 24×7 sehingga berbeda dengan perusahaan lainnya. Banyak sekali perusahaan besar yang telah bekerja sama dengan NDBS, seperti Garuda Indonesia, Sinarmas, Nabati, Traveloka, Angkasa Pura, Sidomuncul, dan masih banyak lagi. Bagi para alumni fresh graduate dan mahasiswa tingkat akhir, NDBS menawarkan consultant trainee SAP dengan pilihan posisi yang cukup banyak. Hal ini tentu saja merupakan kesempatan yang besar bagi mereka yang ingin berkarir di bidang ERP. (MZH/AAR)