,

Membangun Mindset Wirausaha Sejak Dini Melalui BRIncubator Goes to Campus

Mindset yang kurang tepat kerap kali menjadi salah satu faktor gagalnya seseorang dalam memulai bisnis. Sebab berawal dari seorang pegawai, mindset yang digunakan adalah mindset pegawai. Padahal dunia entrepreneurship sangat berbeda dengan dunia kerja. Mindset entrepreneur merupakan salah satu ukuran kekuatan seorang pengusaha dalam memegang kendali bisnis yang dijalaninya. Sejauh mana seorang pengusaha mampu mengembangkan bisnisnya, semua tergantung pada mindset yang dimilikinya.

Seperti halnya yang disampaikan Riza Perdana Kusuma selaku Narasumber pada acara webinar BRIncubator Goes To Campus yang diselenggarakan pada Sabtu (16/4) dengan mengusung tema “Mengembangkan dan Memelihara Mindset Wirausaha Sejak Dini”, ia menuturkan bahwa, “Jiwa entrepreneur itu tidak hanya untuk mereka yang bekerja secara mandiri, tetapi dimanapun mereka berkarya termasuk di lembaga formal, jiwa entrepreneur itu juga harus dimunculkan.” 

Dalam penyampaian materinya, Riza mengungkapkan bahwa jiwa entrepreneurship itu tidak selalu harus kita punya modal, jiwa entrepreneurship itu harus dibangun karena kita butuh berkarya. Beragam cara dilakukan oleh banyak orang di dunia ini untuk menciptakan sejarah. Tugas utama kita adalah bagaimana kita sibuk dengan diri kita untuk find our greatness karena kejayaan itu hanya bisa kita lakukan oleh diri kita sendiri, bukan oleh orang lain dan tidak boleh tergantung pada orang lain.

Terkadang kita tidak sadar bahwa kita punya kemampuan, akan tetapi mendorong kemampuan itu untuk menjadi sesuatu yang besar yang kita bisa dapatkan itu ternyata susah. “Greatness itu tidak dibangun dengan sesuatu yang instan, greatness itu dibangun karena ketekunan,” ucap Riza menambahkan.

Entrepreneurship is highly risk but also can be highly rewarding. Untuk mendapatkan yang besar Anda juga harus rela dan siap kalau kehilangan sesuatu yang besar pula,” ujar Riza. Menjadi seorang entrepreneur itu harus kuat terhadap goncangan. Kadang-kadang seorang entrepreneur pun harus benar-benar bisa tahan dari cibiran, makian, dan ejekan dari lingkungannya. Tak lupa, Riza juga membagikan beberapa tips untuk menjadi seorang entrepreneur.

Melalui webinar ini, Riza mengungkapkan bahwa wirausaha itu bukanlah bakat, melainkan sebuah panggilan. Semua orang pasti memiliki kesempatan untuk bisa menjadi entrepreneur karena proses pembelajaran sangat terbuka di dunia saat ini. (AN/NKF)