,

Kabar Gembira, Universitas Islam Indonesia Kembali Menambah Daftar Guru Besar

Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menambah daftar guru besar. Kali ini, Drs. Agus Widarjono, M.A., Ph.D. menerima Serah Terima Surat Keputusan Kenaikan Jabatan Akademik Profesor bidang Ilmu Ekonomi. Menanggapi hal tersebut, UII menyelenggarakan acara Serah Terima SK pada Kamis (21/7), di Gedung Prof. Dr. Sardjito Kampus Terpadu UII Yogyakarta.

Acara dibuka oleh Master of Ceremony dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an serta Penyerahan SK Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbud-Ristek RI) yang dibacakan oleh Rahman Hakim, S.E., selaku Penyelia Sumber Daya LLDikti Wilayah V DIY.

Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Rektor UII mengawali sambutannya dengan menyampaikan selamat atas diangkatnya salah satu warga keluarga besar UII serta ia senantiasa mengucap rasa syukur atas hal tersebut. “Kami bersyukur karena hari ini, cacah guru besar di UII bertambah menjadi 26 dari 786 dosen, dan dari 786 dosen tersebut 250 diantaranya sudah bergelar doktor, dan dari angka tersebut 68 orang saat ini sedang menjabat Rektor Kepala,” ujar Fathul memberikan informasi. Sambutan Fathul kemudian dilanjutkan dengan mengutip kalimat dari Fareed Zakaria, seorang wartawan dan penulis senior Amerika Serikat kelahiran India. “Salah satu pelajaran yang dapat kita ambil dari pandemi ini adalah kita harus mendengarkan para ahli dan sekaligus mendengarkan suara publik. Karena kita ingin apapun yang diambil, kebijakan apapun yang diambil, keputusan apapun yang diambil, semuanya berbasis science atau secara scientific,” ungkap Fathul.

Sambutan kedua kemudian dilanjutkan oleh Drs. Suwarsono Muhammad, M.A. selaku Ketua Umum Pengurus Badan Wakaf UII yang diawali dengan ucapan selamat kepada Agus atas diangkatnya sebagai Guru Besar UII yang baru. “Terima kasih kepada Kepala LLDikti beserta jajarannya karena telah membantu kami untuk menambah guru besar yang kelihatannya semakin hari semakin ajek,” ujar Suwarsono. Tak lupa juga ungkapan terima kasih Suwarsono tujukan kepada Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Majelis Guru Besar, serta berbagai pihak yang turut memberikan upayanya dalam menyukseskan rangkaian proses pengangkatan guru besar.

Selaku Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah V DIY, Prof. drh. Junaidi, Ph. D menyampaikan harapannya terhadap Agus, “Kami harap Guru Besar baru di UII dapat meningkatkan produktivitas prodi di FBE baik dari segi publikasi, penelitian, dan bimbingannya serta generating income di lingkungan akademik fakultas.” Acara pun ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Junaidi Safitri, S.E.I., M.E.I. dengan khusyuk. (SMM/NARD)