,

Pelepasan Tim FBE UII pada PIMNAS ke-35

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) menjadi tahap terakhir dari pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan sebagai wadah bagi mahasiswa peserta untuk mempresentasikan dan saling berkomunikasi melalui produk kreasi intelektual berskala nasional. Pada tahun 2022 ini, Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) mengirim mahasiswa yang lolos pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 yang diadakan secara luring di Universitas Muhammadiyah Malang pada 30 November – 4 Desember 2022. Sebanyak 374 tim lolos PIMNAS ke-35 pada tahun 2022 dari perwakilan seluruh universitas di Indonesia dengan berbagai rangkaian seleksi yang sangat ketat, mulai dari tahapan evaluasi proposal PKM, dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2).

Adapun mahasiswa FBE UII yang berhasil lolos mengikuti PIMNAS ke-35 adalah Havis Gilang Pratama (Akuntansi) sebagai Controlling & Finance, Muhammad Isnanda N. S. (Akuntansi) sebagai Visual Creator, Adizza Djasmine Setiawan (Akuntansi) sebagai Market Planning & Public Relation, Dhea Khansa Nabila (Akuntansi) sebagai Product & Design Developer, dan Siti Ashila Rahma Utama (Akuntansi) sebagai Administrative, dengan Dosen Pendamping yaitu Arif Fajar Wibisono, S.E., M.Sc. Tim mahasiswa FBE UII ini berhasil mengikuti PIMNAS dengan kategori PKM Kewirausahaan berjudul “‘Healbag’ Inovasi Tote Bag 3 in 1 dengan Radiasi Batu Tourmaline sebagai Media Terapis Mineral Alami”.

Pelepasan ini dibuka oleh Rizki Hamdani, S.E., M.Ak., Ak., CA dan dilanjutkan oleh sambutan dari Abdul Moin, SE., MBA., PH.D., CQRM. Abdul mengatakan, “Mahasiswa semoga dapat meyakinkan juri bahwa produk ini merupakan invensi bukan inovasi, dan yakinkan juri bahwa produk ini layak untuk dijual dan diproduksi masal.” Abdul juga mengucapkan terimakasih kepada Arif Fajar selaku pendamping mahasiswa tersebut. Abdul berpesan, “Mahasiswa diharapkan dapat menjaga nama baik UII dan sebisa mungkin menjadikan ajang ini sebagai ajang yang bermanfaat dan berguna, jika hasil yang didapat belum sempurna maka tetap bersemangat.”

Sebelum acara ditutup, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mencoba mempresentasikan produk tersebut. Presentasi dibuka oleh Siti dan dilanjutkan oleh Havis. Siti mengatakan bahwasanya, “Selain menjadi tote bag yang stylish,  Heal Bag juga dapat digunakan menjadi sabuk dan juga bantalan duduk yang nyaman.” Siti juga mengungkapkan bahwa batuan turmalin dapat membantu melancarkan peredaran darah dikarenakan terdapat sinar infra merah.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara mahasiswa peserta PIMNAS dengan dosen dan praktisi. Tak lupa juga, apresiasi diberikan kepada masing-masing mahasiswa yang telah berhasil membawa nama Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII di kancah nasional melalui pemberian uang pembinaan. (MZH/FH)