,

Menambah Kualifikasi Diri Melalui Sertifikasi ACCA

Perencanaan karir dalam jangka panjang dapat dimulai dengan memiliki pondasi yang kuat untuk masa depan dan membekali talenta dengan kemampuan, keterampilan, serta pola pikir yang kritis. Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) hadir memberikan peluang karir untuk para sarjana melalui program kualifikasi yang akan menghasilkan akuntan profesional untuk meniti karir dalam berbagai sektor. 

Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menghadirkan secara langsung Manish Gidwani, ACCA, M.Sc, CPA (Aust.) selaku CEO/Founder of London School of Accountancy & Finance, Julia Simatupang, S. Sos. selaku Country Manager, Chief Representative of ACCA Indonesia, serta Dra. Yuni Nustini, Ak., CA., MAFIS., Ph.D selaku koordinator program ACCA FBE UII serta dihadiri oleh Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana,  Rifqi Muhammad, S.E., S.H., M.Sc., Ph.D. pada webinar yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (17/01) dan dimoderatori oleh Zhafira Mardiyah.

Dalam perjalanannya, ACCA sudah lebih dari 120 tahun berdiri dan menjadi gerbang yang banyak dilewati dunia kerja di dunia. ACCA sudah sejak lama bekerja sama dengan UII untuk pengembangan mahasiswa dan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang ACCA. “Upaya sosialisasi dan sharing ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesi akuntan bukan hanya menyiapkan laporan keuangan, namun dapat berperan memberikan pertimbangan yang cukup signifikan dalam mengambil keputusan,” ujar Rifqi. Keinginan dan harapan dari UII sendiri sejalan dengan visi misi ACCA “Visi misi kami tidak hanya membekali talenta atau pondasi yang kuat di masa depan, tetapi juga kemampuan untuk memetakan karirnya,” ungkap Julia.

Dalam pemaparan materi, Program ACCA di FBE UII  dikenal sebagai kelas akselerasi yang dimulai sejak 3 angkatan sebelumnya (2020-sekarang). Kelas akselerasi ini menggabungkan modul ACC dengan kurikulum yang ada di Prodi Akuntansi FBE UII yang dijelaskan secara rinci. Kelas ini didesain untuk beriringan dengan SKS yang sudah ada sehingga mahasiswa dapat secara bersamaan menempuh kelas yang ada serta mempelajari modul ACCA dan menempuh ujian modul yang ada.

Pada kenyataanya, kita sudah memasuki era tanpa batas untuk menjadi employee sehingga kita harus menembus batasan tersebut. Lulusan yang ada harus mampu untuk bersaing secara competitive dengan pasar tenaga kerja dalam negeri maupun luar negeri. “It’s easy to get a job tanpa ACCA, tapi untuk growth global itu menjadi sesuatu yang difficult,” imbuh Julia. Sehingga besar harapan, webinar ini menjadi sebuah langkah pendorong bagi para mahasiswa maupun lulusan untuk menambah skill dan sertifikasi kualifikasi mereka mereka melalui ACCA. (SLS/DL).