,

Berkunjung ke Yogyakarta, MAN 1 Majalengka Datangi FBE UII

Selasa (14/2), Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menyambut kunjungan dari MAN 1 Majalengka yang bertempat di Hall Tengah Lantai 1 Gedung FBE UII. Kunjungan kali ini dihadiri oleh 150 siswa beserta Hj. Aas Nur Hidayah selaku Kepala Sekolah dan didampingi para guru. Acara kunjungan disambut hangat oleh Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D., CFrA, CertlPSAS selaku Dekan FBE UII beserta jajaran dosen dari Prodi Sarjana Reguler, International Program (IP), dan Sarjana Terapan yang turut hadir.

Dekan FBE UII membuka acara dengan memperkenalkan secara singkat mengenai UII, terutama FBE UII. “Jogja terkenal dengan ‘Kota Pelajar’, terdapat 101 perguruan tinggi di Indonesia. UII sendiri merupakan perguruan tinggi pertama kali karena sudah ada bahkan sebelum Indonesia merdeka,” ungkap Johan. Tak lupa juga, Johan memperkenalkan berbagai jurusan yang terdapat di FBE UII. “Jurusan di fakultas kami ini fleksibel, baik adik-adik dari IPA ataupun IPS dapat melanjutkan studi di sini,” tambah Johan. 

Keunggulan berbagai fasilitas yang dimiliki fakultas juga tak lupa diperkenalkan, baik dari ruangan kelas, laboratorium, hingga perpustakaan yang nyaman untuk dijadikan space belajar. “Saya harap setelah adik-adik berkunjung di sini akan menambah wawasan mengenai UII terutama Fakultas Bisnis dan Ekonomika,” harap Johan di akhir sambutannya.

Pemaparan materi kepada siswa dan siswi MAN 1 Majalengka kali ini terbagi atas empat sesi. Pemaparan materi dibuka oleh perwakilan dari Program Studi (Prodi) Akuntansi dengan menjelaskan bahwa lulusan dari prodi tersebut cukup versatile di berbagai bidang. Tak hanya sebagai akuntan,tetapi dapat juga berkecimpung di bidang teknologi dan bisnis.

Lebih lanjut, Prodi Manajemen memaparkan materi mengenai profil singkat serta keunggulan yang dimiliki. Tak kalah menarik, Prodi Ekonomi Pembangunan menekankan pada prospek kerja kedepannya sehingga menarik antusias para siswa dan siswi MAN 1 Majalengka yang hadir. Tidak hanya itu, program soft skill development yang cukup memiliki banyak peminat bisa diperoleh di tiap semesternya.

Pada penghujung sesi, Program Sarjana Terapan FBE UII memperkenalkan pendidikan vokasi yang dalam prosesnya lebih menekankan pada perkembangan praktik dengan industri yang terkait. Semua keunggulan pada setiap program studi pun disampaikan dengan baik oleh para pengisi materi. Tak ketinggalan, berbagai jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UII juga diperkenalkan. Sesi ini sekaligus menjadi penutup pada acara kunjungan kala itu. (MA/NARD)