,

Studi Banding Program MBKM dan Penjaminan Mutu Jurnal, Unkris kunjungi FBE UII

Jumat (24/02), Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) mengunjungi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII) dalam rangka ingin melakukan studi banding mengenai Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Penjaminan Mutu Jurnal bertempat di Ruang Dekanat 1/1. Delegasi dari Unkris antara lain ada Sutomo selaku ketua pengawas yayasan, Prof. Dr. Bomer Pasaribu, SE, SH,MS selaku Ketua prodi Magister, Dr. H. Imam Wibowo, M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Munawaroh, SE, MM selaku Wakil Dekan II, Dr. Iwan Kurniawan Subagja, SE, MM selaku Wakil Dekan III, Dr. Fajar Cahyo Utomo, SE., MM.,Diana Gustinya, SE., M.Ak., MM. selaku Sekretaris Prodi S1 Manajemen, Amanda Setiorini, S.Psi., MM., Hj. Dewi Rejeki, SE., Ak., M.Si, CA., partogi, hanistiati, dan agung julianto. Kemudian delegasi dari FBE UII ada Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D., Abdul Moin, S.E., MBA., M.Res., Ph.D., CQRM., Achmad Tohirin, MA., Ph.D., Muammar Nur Kholid, S.E., M.Ak., Akt., Noor Endah Cahyawati, S.E., M.Si., dan Arif Hartono, SE., M.Ec., Ph.D.

Ucapan terima kasih oleh Achmad Karena telah berkunjung ke FBE UII untuk melakukan studi banding. Achmad menjelaskan bahwasanya prodi di FBE rata-rata sudah unggul. “Program studi kami sudah mempunyai program doktor, hanya saja untuk akuntansi sedang dalam proses semoga tahun depan sudah ada,” ungkap Achmad. 

Achmad juga menjelaskan adanya fasilitas yang ada di FBE. “Tidak kalah menarik juga dengan fasilitas yang ada di kampus seperti adanya co-growing, perpustakaan, kantin, sertifikasi audit serta Enterprise Resource Planning (ERP) dan lainnya.” Lalu Johan juga menjelaskan pergantian nama dari Fakultas Ekonomi hingga menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika. 

Pertanyaan mengenai cara peningkatan program studi magister FBE pun muncul yang kemudian ditanggapi Arief, “Di Program studi manajemen kami ada human resource planning untuk membekali perjalanan dosen mulai dari masuk hingga menjadi guru besar, ada berbagai skema, yaitu dukungan proses dari pembuatan proposal hingga submission, selain itu adanya riset bootcamp yang inshaallah akan dilakukan pada bulan Maret yaitu lecturer program.” 

Dalam keefektifan kinerja, Johan menampilkan sistem yang bernama UII Gateway, seperti UII Portfolio, UII perkuliahan, UII Saku, UII RAS, dan masih banyak lagi. Tetapi UII Gateway dosen dan mahasiswa jelas berbeda. Kemudian di akhir pertemuan membahas tentang kurikulum yang ada di FBE dan setelah itu pemberian cendera mata dari FBE UII kepada UNKRIS. (PIO/SAR)