,

Lakukan Benchmarking, UIN Makassar Adakan Kunjungan ke FBE UII

Kamis (16/3), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan kunjungan ke Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII). Dalam kunjungan yang dihadiri oleh Hj. Nurmiati, SE., MM.,  KTU di Universitas Islam Negeri Makassar beserta Tim, yaitu Miftha Farild, SE., MM, Wahyudi, SE., MM, Ayu Ruqqayyah Yunus, S.EI., M.E.K, Trisno Waardy Putra, S.Sos., M.E.I, Muhammad Nasri Katman, S.E., M.Ak, Sirajudin, S.EI, M. EI, Memen Suwandi, SE, M.Si, Dr. Lince Bulutoding, SE, M.Si., Ak, Nur Rahmah Sari, SE, M.Acc., Ak ini guna Benchmarking antara UIN Makassar dengan FBE UII. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Drs. Achmad Tohirin MA., Ph.D yang memaparkan profil FBE UII. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan mengenai fasilitas FBE UII dan struktur di dalamnya. “Di FBE UII ini kami memiliki galeri investasi yang cukup aktif karena di salah satu prodi kami yaitu Prodi Manajemen memiliki Tim Kelompok Studi Pasar Modal,” ujar Achmad. 

Beliau juga menambahkan bahwa salah satu keunggulan yang dimiliki oleh FBE UII adalah Ekonomi Islam nya. “Kami punya kompetensi di Ekonomi Islam sejak tahun 2002,” tambah Achmad saat menjelaskan keunggulan Fakultas. 

Pada  kesempatan ini, pihak UIN menyampaikan maksud kunjungannya ke FBE UII ialah dalam rangka menggali informasi mengenai pengelolaan kampus hingga kiat-kiat yang dilakukan untuk menjadikan prodi FBE UII unggul dalam program akreditasi. Setiap perwakilan dari UIN pun secara bergantian memberikan satu hingga dua pertanyaan untuk ditanyakan dalam sesi tersebut.

Abdur Rafik, Kepala Prodi Manajemen FBE UII menjawab beberapa tips yang dilakukan FBE UII dalam meraih akreditasi unggul. “Untuk mendapat akreditasi unggul sebenarnya kunci utamanya adalah semua dimensi yang diminta oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) haruslah memiliki daya saing internasional,” tuturnya. Dalam pemaparannya, ia turut menambahkan bahwa pada program akreditasi Prodi FBE UII cukup terbantu dengan adanya program internasional. Dirinya menilai FBE UII sudah melakukan pelayanan optimal bagi mahasiswanya. Ia lantas membeberkan sebuah fakta bahwa Universitas Islam Indonesia mencetak sejarah sebagai kampus pertama yang memiliki program internasional di Indonesia. 

Secara kurikulum, FBE UII turut mengintegrasikan salah satu mata kuliah yang di dalamnya bersertifikasi Internasional seperti System Application and Product in Data Processing (SAP). Jadi dalam program ini, semua proses pelaksanaan belajar  mengajar hingga sumber referensi menggunakan Bahasa Inggris. Abdur pun menuturkan bahwa motivasi pendahulu UII dalam merancang program ini ialah bertujuan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi anak negeri untuk mengenyam pendidikan dengan standar Internasional tanpa harus ke luar negeri.

Acara kali ini kemudian ditutup dengan pertukaran cinderamata oleh masing-masing universitas. Kunjungan ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan persahabatan antara Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII dengan UIN Alauddin Makassar kedepannya.

(SM/DM)