,

UBC 2023: Kejuaraan Badminton Nasional Pembangun Persahabatan

UII Badminton Competition (UBC) 2023 merupakan event kejuaraan badminton nasional pertama yang diinisiasi kan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Badminton Universitas Islam Indonesia (UII). UBC 2023 mengusung tema ‘Menumbuhkan Nilai Sportivitas Generasi Emas melalui Olahraga Badminton untuk Terwujudnya Generasi yang Berintegritas.’ UBC 2023 kali ini diselenggarakan dari tanggal 13 s.d 17 Juni 2023 dengan mendatangkan 200 lebih atlet dari universitas dan Sekolah Menengah Atas (SMA) seluruh Indonesia.

Peserta yang mengikuti UBC 2023 antara lain Universitas Trisakti, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Jakarta, UPN Veteran Yogyakarta, Universitas Semarang, Universitas Gajah Mada, Institut Agama Islam Tazkia, Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia, Universitas Islam Indonesia, ITB Stikom Bali, SMA N 1 Bandongan, SMA N 3 Purworejo, SMA N 2 Semarang, PKBM Citra Ilmu, SMA N 25 Batam, dan banyak lainnya.

Pembukan UBC 2023 diadakan di Gedung Kuliah Umum Dr. Sardjito UII, Senin, (12/6). Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Umum Pengurus Daerah Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PENGDA DIY), Sukiman Hadiwidjojo; Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni, Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag; Perwakilan Pihak Sponsorship, Basuki dan Fikra Humam Munbais; Komisi II Dewan Permusyawaratan Mahasiswa UII, Seto Galih Pramono; Ketua Umum Lembaga Eksekutif Mahasiswa UII, Muhammad Rayhan dan seluruh perwakilan peserta UBC 2023.

Pada kesempatan ini, Rohidin melakukan sambutan dan membuka event UBC 2023 secara simbolis dengan pemotongan pita diiringi oleh seluruh tamu undangan yang hadir. “Kompetisi itu pada hakekatnya membangun persahabatan bukan membangun permusuhan, sehingga pada setiap kompetisi itu akan membahagiakan,” ucap Rohidin dalam sambutannya berharap kompetisi ini dapat membangun persahabatan dengan kolega yang berpartisipasi dalam pertandingan.

Rohidin menambahkan, dalam mengerjakan acara, seluruh panitia bisa menjadi penyelenggara yang baik. “Layani mereka dengan baik, fasilitasi mereka selama kita bisa memfasilitasi,” ujarnya.

Sebagai penutup acara, Rohidin berpesan agar UBC kedepannya dapat upgrade ke skala Internasional. “Kedepan, jangan hanya bermain di tingkat nasional, tapi dinaikkan lagi ke tingkat internasional,” pungkasnya.

(SMM/NAH)