,

Semata 2023: Humanis, Progresif, Bersinergi

Fakultas Bisnis Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) dalam menyambut mahasiswa ajaran baru 2023 mengadakan orientasi mahasiswa dengan tajuk “Semangat Taaruf” atau disingkat sebagai Semata. Agenda Semata dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut tepatnya pada 28-29 Agustus 2023.

Semata 2023 mengusung tema “Humanis, Progresif, Bersinergi” yang bertujuan agar mahasiswa baru dapat memiliki asas kemanusiaan, dapat menjadi pemimpin yang lebih responsif terhadap sekitar, dan dapat meningkatkan rasa gotong royong pada jiwa mereka. 

Dalam acara ini mahasiswa baru mengikuti berbagai macam kegiatan. Pada hari pertama terdapat  Opening Ceremony dan sapa dosen, Stadium General, I’M UII dan UII Way, Focus Group Discussion (FGD), serta yang terakhir kelembagaan dan ke UII-an. Dilanjutkan pada hari kedua terdapat Expo, business idea competition, manajemen aksi, simulasi aksi, panggung aspirasi, dan ditutup dengan closing ceremony

Di masa transisi dari SMA ke dunia perkuliahan, Semata 2023 menjadi sarana bagi mahasiswa untuk dapat lebih mengenal FBE UII lebih dekat. Kegiatan ini akan memberikan gambaran perkuliahan agar tidak terjadi culture shock saat masuk kuliah

Selama pengenalan fakultas ini, mahasiswa juga belajar mengenai slogan UII, yaitu “I’M UII” yang disampaikan oleh Dekan FBE Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D. Singkatan tersebut mencerminkan  identitas UII sebagai Islami, Mondial, Unggul, Intelektual, dan Indonesia. “Lima identitas itulah yang merupakan cita-cita dari pendiri UII,” jelas Johan. 

“Di kuliah kalian juga tidak hanya tentang materi saja, tetapi disini kalian juga akan mendapatkan keagamaan. Itulah keunggulan UII dari kampus-kampus lainnya,” ungkap Johan menambahkan. 

(IAS)