,

Optimalkan Standar Pendidikan: UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan Adakan Benchmarking Di FBE UII

Pada hari Rabu (27/9), Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) kembali menerima kunjungan dari Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan). Adapun tujuan dari adanya kunjungan ini adalah untuk melakukan benchmarking demi memperluas pengetahuan mereka dari berbagai aspek, terkhusus pada program S2.

Kegiatan ini bertempat di Ruang Sidang 1/1 FBE UII dan dihadiri oleh lima orang perwakilan dari Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan serta 10 perwakilan dari FBE UII. Lebih lanjut, Dekan FBE UII, Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D., memulai acara dengan memberikan sambutannya. Dalam sambutan yang disampaikan, Ia juga memperkenalkan jajaran dosen yang hadir di ruangan tersebut.

Dr. Ali Muhtarom, M.H.I., selaku Kepala Program Studi S2 Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, menyampaikan sambutan yang kedua. Dalam sambutannya tersebut, Ia memaparkan kembali tiga topik yang dibahas dari benchmarking ini. “Topik yang kedua yaitu mengenai bagaimana menjaring kerjasama pihak-pihak luar, terlebih dari investor. Yang mana barangkali ada yang mungkin bisa di join kan antara pasca kami dengan PMD ini,” ungkap Ali.

Acara pun dilanjutkan dengan sesi diskusi dan sharing session yang melibatkan kedua belah pihak. Dimana FBE UII memberikan jawaban-jawaban terperinci atas pertanyaan yang diajukan delegasi dari UIN UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. Selain itu, FBE UII juga berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait praktiknya dalam hal pengelolaan mahasiswa dan dosen.

Prof. Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph.D, selaku Ketua Program Studi Ilmu Ekonomi Program Doktor memberikan informasi mengenai pembaruan dalam program S3 yang ada di FBE UII. “Kami baru saja melakukan perubahan kurikulum, di kurikulum S3 saat ini terdapat dalam tiga jalur yaitu reguler, satu tahun kuliah lalu disertasi dua tahun; publikasi, satu tahun kuliah tiga publikasi; dan by research dua mata kuliah online serta langsung disertasi,” ungkap Jaka.

Kunjungan ini diharapkan dapat membuka peluang kerjasama yang lebih dalam dari kedua belah universitas. Selain itu, dari saran dan masukan yang disampaikan juga dapat meningkatkan standar pendidikan, inovasi, pembaruan, serta dampak positif yang signifikan dalam hal akademik.

Pada penghujung acara, FBE UII menyerahkan cendera mata yang diwakilkan Johan dan UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan yang diwakilkan Prof. Dr. Susminingsih, M.Ag selaku Wakil Direktur. Acara ditutup dengan melakukan sesi foto bersama dari kedua belah pihak.

(SHM)