,

BizTalk 2023: Kenali Kreativitasmu dalam Berbisnis

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) kembali adakan event tahunannya, Business Festival for Z Generation (Bizfez), yang dibuka pada Minggu (12/11). Bertempat di Hall Tengah, Bizfez 2023 dibuka dengan menggelar acara Biztalk dimana mempertemukan sejumlah tokoh inspiratif dari berbagai bidang yang digelutinya untuk berbicara tentang pengalaman dan wawasan mereka terkait inovasi dalam berbisnis dan berkreativitas di Era Digital, yakni Ditta Matin, alumni Program Studi Akuntansi FBE UII sekaligus owner DM Mebel Jogja beserta Content Creator terkenal, Gerald Vincent.

Biztalk 2023 mengusung tema ‘CREATIVITY IN ACTION: The Art of Doing Business for Youth’. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana kreativitas dapat menjadi kekuatan sebagai pendorong utama dalam dunia bisnis, terutama bagi generasi muda yang tengah membangun karir mereka. Biztalk dibuka oleh Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D. selaku Dekan FBE UII, “Bizfez merupakan event tahunan yang kami adakan khusus ditujukan kepada para mahasiswa FBE UII, terutama para maba.” Johan menambahkan, “Harapannya melalui Bizfez, para mahasiswa dapat menumbuhkan jiwa-jiwa untuk berbisnis, bahkan bisa sampai sukses seperti alumni kami, Mba Ditta Matin.”

Ditta membuka sharing session dengan mengangkat topik ‘Business Lunch and Growth’.’ Berawal dengan dana bisnis yang dimiliki saat itu, Ditta mengungkapkan, “Semangat bermula berbisnis yang saya miliki adalah dengan mind setting, ‘Bagaimana caranya mengembalikan semua yang sudah diberikan oleh orang tua kepada saya selama ini.’” Ditta membagikan tips and trick berbisnis, agar tips tersebut dapat diterapkan guna meningkatkan daya tarik serta kualitas produk yang dimiliki. Ditta memberikan contoh melalui salah satu produknya, “Saya sempat memikirkan bagaimana saya menjual produk dari Lovise dan Dekayu dalam satu database yang sama. Caranya adalah dengan saya mengiklankan Dekayu dahulu dengan harga yang terjangkau.” Hal tersebut merupakan tips dari produk penetrasi.

Sharing session dilanjutkan Gerald dengan mengangkat topik ‘Effective Storytelling for Business Engaging Audience through Creative Content’. Tidak memiliki latar belakang berbisnis, Gerald menceritakan awal mula berkarirnya di berbagai bidang. Melalui berbagai pengalaman tersebut menjadi bekal dalam membangun karir Gerald hingga saat ini. “Gimana sih caranya dapetin ide-ide kreatif untuk bikin konten? Kamu bisa brainstorming karena inspirasi dan ide bisa datang kapan saja.” Gerald juga menambahkan hal yang cukup penting, “Waktu kalian tiba-tiba punya ide, wajib banget dicatat apapun idenya. Walaupun konten itu ga langsung kalian produksi, at least kalian punya catatannya.”  Memiliki berbagai referensi pun dapat meningkatkan taste dalam menghasilkan konten yang bagus.

(NARD)