,

ESG dan Peluang Pasar: Mata Terbuka pada Masa Depan

Seminar yang diadakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) pada Kamis (07/03) bertujuan untuk membuka wawasan dan meningkatkan keyakinan dalam menghadapi pasar modal. Tema Grow Your Mindset to Navigate the Capital Market with Confidence” menjadi pusat perhatian, diadakan di gedung kuliah umum UII sebagai bagian dari rangkaian peresmian galeri investasi.

Rendy Yudistira dari CGS Internasional Sekuritas Indonesia menjadi pembicara pertama, membahas Environmental, Social, and Governance (ESG). Rendy menjelaskan bahwa, “ESG adalah standar yang mengukur keberlanjutan perusahaan dengan merujuk pada tiga kriteria: lingkungan, sosial, dan tata kelola.” ESG diimplementasikan oleh PT CGSI dengan menanam bibit pohon hingga mendukung panti asuhan, menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan.

Harris Ainur Falah membahas peluang dan tantangan pasar modal syariah. Dia menyoroti dominasi saham syariah pada Januari 2023 saham konvensional. “Keputusan investasi untuk meningkatkan nilai investasi demi mencapai tujuan keuangan yang efisien,” ucap Harris menambahkan.

Setelah break Zuhur, Dave, mahasiswa manajemen IP angkatan 2023, berbagi pengalamannya di pasar modal sejak SMA dan mencapai satu miliar pertamanya pada usia 17 tahun. Ia menyampaikan motivasi dan kiat-kiatnya untuk menjadi investor sukses disampaikan. “Jika kita ingin menjadi 1% orang sukses maka lakukan hal-hal yang 99% orang tidak lakukan, fokus pada tujuan dan konsisten serta jangan mudah puas terhadap sesuatu,” jelasnya.

Seminar ditutup dengan penyerahan plakat dari ketua panitia, menandai kesuksesan acara dan memberikan apresiasi kepada para pembicara. Seminar ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang pasar modal dan ESG, tetapi juga menginspirasi peserta untuk mulai berinvestasi sejak dini dan menjadi investor yang berkualitas. 

(DMZ/AB)