Layanan Akademik Magister dan Doktor

Layanan akademik untuk mahasiswa Magister dan Doktor

Administrasi

Kalender Akademik

Kalender Akademik

Kalender Akademik, TA 2024/2025  👉 Klik Disini

Info Lebih lanjut Terkait Kalender Akademik UII  👉 Klik Disini

Jadwal Ujian

Tautan Jadwal Ujian

  • * Jadwal Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil TA 2024/2025  👉 Klik Disini
  • * Jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil TA 2024/2025  👉 Kilk Disini 
  • * Jadwal Ujian Tengah Semester (UTS) Genap TA 2024/2025  👉 Kilk Disini
  • * Jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) Genap TA 2024/2025 👉 Kilk Disini
  • * Jadwal Ujian Tengah Semester (UTS) Genap TA 2025/2026  👉 Kilk Disini

Verifikasi Dokumen

Verifikasi Dokumen (Verdok)

Verdok, adalah verifikasi dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan kartu mahasiswa (KTM). Panduan Tata cara / Petunjuk Verdok ada di bagian bawah halaman ini:

Akun SSO UII

Single Sign On (SSO)

Pengaturan SSO sepenuhnya diatur oleh Badan Sistem Informasi (BSI) UII. Untuk informasi lebih lanjut Terkait Single Sign On UII  👉 Klik Disini 

Surat Keterangan Lulus

Surat Keterangan Lulus (SKL)

  • * Informasi terkait SKL bisa dilihat pada Layanan Surat FBE UII 👉 Klik Disini
  • * Panduan penggunaan Sistem Permohonan Surat Keterangan 👉 Klik Disini

Sertifikat Akreditasi

Kumpulan Sertifikat Akreditasi

Sertifikat Akreditasi Program Magister dan Doktor  👉 Klik Disini

Legalisir Ijazah

Pelayanan Legalisasi Ijazah dan Transkrip Nilai

Meskipun saat ini, untuk verifikasi ijazah instansi sudah dapat melakukannya melalui online, tetapi Divisi Administrasi Akademik FBE UII masih melayani proses legalisasi ijazah.

Untuk permohonan legalisir ijazah mohon agar dapat diperhatikan tingkat kebutuhannya. Misalnya diperlukan sebagai persyaratan yang mewajibkan untuk melampirkan legalisir secara manual di sebuah instansi karena tidak semua instansi mewajibkan melampirkan fotocopy legalisasi ijazah manual.

Pemohon Legalisir Ijazah dan Transkrip wajib menyiapkan data yang diperlukan yaitu :

  1. Alumni mengajukan nomor Virtual Account (VA)  👉 Klik disini
  2. Proses pembuatan VA ditunggu maksimal 2X24 jam. Alumni melakukan pembayaran biaya ligalisir tata cara pembayaran  👉 klik disini
  3. Unduh file  Surat Pernyataan  👉 Klik Disini , diisikan ditanda tangani dengan bermaterai 6000 lalu disimpan dalam bentuk file pdf.
  4. Scan Ijazah , Transkrip , Bukti pembayaran dan Surat pernyataan jadikan satu file.pdf –> (contoh nama file : data_ligaisir.pdf).
  5. mengisi formulir di dibawah 👉 klik disini , Upload data ligalisir melalui formulir

File dalam bentuk file PDF dengan maksimal ukuran 10 MB.

NB : permintaan legalisir dalam satu waktu HANYA bisa 1 paket

No wa : 083869702852 (Ibu Suci)

Surat Keterangan Pengganti Ijazah

Permohonan Pengganti Ijazah

Informasi Seputar Ijazah dan Transkrip Akademik  👉 Klik Disini

Cuti Akademik

Cuti Akademik

Definisi

Mahasiswa cuti akademik adalah mahasiswa yang tidak terdaftar pada semester tertentu atas izin Rektor dengan ketentuan :

  1. Mahasiswa yang akan cuti akademik hanya diperbolehkan bagi mahasiswa yang telah aktif menempuh 2 (dua) semester pada tahun pertama.
  2. Cuti akademik diberikan per semester dan lamanya maksimum 4 (empat) semester baik berturut-turut maupun tidak bertutut-turut.
  3. Mahasiswa yang mengambil cuti akademik dibebaskan dari uang SPP dan apabila mahasiswa bersangkutan aktif kembali wajib membayar uang administrasi dan dapat mengambil sks sesuai dengan IPS terakhir.
  4. Prosedur Cuti akademik dan prosedur aktif kembali ditetapkan dengan peraturan Rektor.
  5. Mahasiswa yang cuti tanpa ijin dikenakan uang SPP tetap selama non aktif yang harus dibayar pada saat akan aktif kembali dan hanya dapat mengambil 12 (dua belas) sks.

Prosedur Cuti Akademik

Mahasiswa yang akan melakukan cuti akademik harus mengajukan izin cuti akademik melalui menu UIIGateway:

  1. Login ke akun UIIGateway.
  2. Masuk ke menu UIILayanan >> Menu Akademik
  3. Mengisi data pada menu Cuti Akademik.
  4. Menunggu persetujuan
  5. Membayar tagihan cuti (Nomor tagihan dapat dilihat pada UIITagihan)
  6. Menunggu status Cuti pada UIIAkademik.

Surat Keterangan Pengganti Transkrip Nilai Akademik

Surat Keterangan Pengganti Transkrip Nilai Akademik (Hilang/Rusak)

Untuk melengkapi permohonan  Surat Keterangan Pengganti Transkrip Nilai Akademik harus melampirkan persyaratan :

  1. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian (asli) *
  2. Pas Foto ukuran 3×4 berwarna background biru (putra jas berdasi, putri busana muslimah jas/blazer)
  3. Fotokopi ijazah
  4. Jika pengajuan surat diwakilkan harus dilampiri:
    • Surat Kuasa bermaterai Rp. 10.000,- (1 lembar)
    • Fotokopi KTP yang kehilangan ijazah (pemberi kuasa); dan
    • Fotokopi KTP yang diberi kuasa.

Untuk mengajukan permohonan pembuatan Surat Keterangan Pengganti Transkrip Nilai Akademik, Anda dapat mengisi form permohonan di bawah ini:

Form Surat Pengajuan

Google Form Pengajuan

Surat Keterangan Ralat Transkrip Nilai Akademik 

Untuk melengkapi permohonan  Surat Keterangan Ralat Transkrip Nilai Akademik harus melampirkan persyaratan :

  1. Pas Foto ukuran 3×4 berwarna background biru (putra jas berdasi, putri busana muslimah jas/blazer)
  2. Asli dan Fotokopi ijazah terakhir
  3. Fotokopi Ijazah SMA untuk Program Sarjana (S1)
  4. Fotokopi Ijazah S1 untuk Program Magister (S2)
  5. Fotokopi Ijazah S2 untuk Program Doktor (S3)
  6. Fotokopi Akte Kelahiran
  7. Jika pengajuan surat diwakilkan harus dilampiri:
    • Surat Kuasa bermaterai Rp. 10.000,-
    • Fotokopi KTP yang meralat ijazah (pemberi kuasa)
    • Fotokopi KTP yang diberi kuasa

Untuk mengajukan permohonan Surat Keterangan Ralat Ijazah, Anda dapat mengisi form permohonan di bawah ini:

Form Surat Pengajuan

Google Form Pengajuan

Surat Keterangan Pengganti dan Ralat Transkrip Nilai Akademik diproses setelah semua syarat telah lengkap oleh Direktorat Administrasi Akademik FBE UII dengan estimasi waktu selama 5-7 hari kerja setelah pengajuan.

Kelulusan / Selesai Studi dan Wisuda

Pendaftaran Kelulusan / Selesai Studi

Syarat Kelulusan:

Program Studi Manajemen Program Magister:

  1. Telah mengumpulkan 41 SKS.
  2. Indeks Prestasi Kumulatif Minimal 3,00 dengan nilai minimal C pada mata kuliah Islam Ulil Albab.
  3. Tidak memiliki nilai D.
  4. Lulus Ujian Tugas Akhir dengan nilai minimal B, dibuktikan dengan Berita Acara Hasil Ujian Tugas Akhir.
  5. Batas waktu studi maksimal 48 bulan.
  6. Telah melakukan Company Visit (Program Magister).
  7. Telah melakukan Publikasi Ilmiah.
  8. Bebas Pinjaman Perpustakaan Universitas dan Fakultas.
  9. Lunas pembayaran biaya perkuliahan (tidak ada tagihan di gateway UII - UIITagihan).

 

Program Studi Akuntansi Program Magister:

  1. Telah mengumpulkan 39 SKS.
  2. Indeks Prestasi Kumulatif Minimal 3,00 (memiliki nilai minimal C pada seluruh mata kuliah).
  3. Memiliki skor CEPT 550 yang dikeluarkan oleh CILACS UII dengan berlaku 2 (dua) tahun sejak dikeluarkan sertifikat (setara dengan skor TOELF institusional 500, TOELF IBT 40 atau IELTS minimal 5).
  4. Lulus Ujian Tugas Akhir.
  5. Telah melakukan Company Visit (Program Magister).
  6. Telah melakukan Publikasi Ilmiah (publikasi artikel jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima untuk diterbitkan di jurnal internasional).
  7. Batas waktu studi maksimal 48 bulan (4 tahun).
  8. Bebas Pinjaman Perpustakaan Universitas dan Fakultas.
  9. Lunas pembayaran biaya perkuliahan (tidak ada tagihan di gateway UII - UIITagihan).

 

Program Studi Ilmu Ekonomi Program Magister:

  1. Telah mengumpulkan 40 SKS (termasuk 24 SKS mata kuliah wajib dan 16 SKS mata kuliah pilihan) serta 15 SKP (terdiri dari 15 SKP wajib).
  2. Indeks Prestasi Kumulatif Minimal 3,00.
  3. Lulus Ujian Tugas Akhir 1 sampai dengan 3 dengan nilai minimal B, dibuktikan dengan Berita Acara Hasil Ujian Tugas Akhir.
  4. Batas waktu studi maksimal 48 bulan.
  5. Telah melakukan Company Visit (Program Magister).
  6. Telah melakukan Publikasi Ilmiah (Artikel Jurnal Sinta).
  7. Bebas Pinjaman Perpustakaan Universitas dan Fakultas.
  8. Lunas pembayaran biaya perkuliahan (tidak ada tagihan di gateway UII - UIITagihan).

 

Program Studi Ilmu Ekonomi Program Doktor:

  1. Telah mengumpulkan 48 SKS (kurikulum 2016), 43 SKS (kurikulum 2023, mahasiswa periode Genap 2022/2023)
  2. Memiliki komposisi mata kuliah sesuai kurikulum.
  3. memiliki nilai B pada seluruh mata kuliah.
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00.
  5. Publikasi ilmiah minimal telah submit di jurnal internasional (bagi jalur ujian terbuka).
  6. Bebas pinjaman perpustakaan Universitas dan Fakultas.
  7. Lunas pembayaran biaya perkuliahan (tidak ada tagihan di gateway UII - UIITagihan).

Program Studi manajemen Program Doktor:

  1. Telah menyelesaikan dan lulus proses akademik PSMPD baik yang berbasis kuliah maupun riset sebanyak total 45 SKS.
  2. Telah lulus seluruh komponen nilai pada mata kuliah disertasi termasuk luaran prosiding konferensi ilmiah internasional dan artikel publikasi jurnal internasional bereputasi Scopus minimal level Q4.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,25 dan tidak boleh ada nilai D.
  4. Memiliki nilai skor TOELF Paper-based Test (PBT) minimal 500 atau lembaga kredibel yang bisa disertakan nilainya dengan konversi, bukan alat tes bersifat TOELF-like dan atau diselenggarakan oleh lembaga pendidikan lokal.
  5. Batas waktu studi maksimal yaitu 7 (tujuh) tahun.
  6. Bebas Pinjaman Perpustakaan Universitas dan Fakultas.
  7. Lunas pembayaran biaya perkuliahan (tidak ada tagihan di gateway UII - UIITagihan).

 

Pendaftaran Kelulusan / Selesai Studi:  Klik Disini

Pendaftaran Selesai Studi Periode 2, TA 2025/2026  dibuka sampai dengan tanggal 26 November 2025 (pukul, 16.00 WIB).

Berkas / Dokumen Pendukung

Berkas yang Diunggah:

  1. Scan Ijazah terakhir.

  2. Scan Akte Kelahiran.

  3. Scan KTP.

  4. Scan lembar KHS Kumulatif -- download  (gatewayUII).

  5. Scan Berita Acara Ujian Tesis/Disertasi.

  6. Scan Bukti Publikasi.

  7. Softcopy TA dan Artikel Publikasi.

  8. Scan Surat Keterangan Bebas Perpustakaan (Universitas dan FBE: WA ke 081226928800).

  9. Scan Bukti Company Visit (Khusus Magister).

  10. Scan Bukti Lunas biaya program.

  11. Softfile Pas Foto (sesuai ketentuan) Klik Disini 

 

Contoh Bukti Dokumen Pendukung.

  1. Berita Acara Ujian:  MagisterDoktor.
  2. Bukti Company Visit:  [1]  [2]  [3].
  3. Pasfoto: Klik Disini.
  4. Surat Keterangan Bebas Perpustakaan Fakultas:  Klik Disini.
  5. Surat Keterangan Bebas Perpustakaan Universitas: Klik Disini.
  6. Bukti Publikasi (Cukup salah satu saja, boleh lebih):

 

Berkas Pasfoto

Ketentuan Pasfoto:

  1. Ketentuan Pasfoto;  Klik Disini 

  2. Diupload pada form selesai studi dengan format foto JPG, maksimal ukuran 4 Mb

  3. Nama file foto dengan format : Nama-NIM

Informasi Pendukung

Daftar tanggal masuk , per prodi 👉 Klik Disini

Pengumuman Wisuda

Pengumuman Pendaftaran Wisuda.

  1. Pendaftaran wisuda dapat dilakukan setelah status mahasiswa telah Lulus.
  2. Mahasiswa membayar Tagihan Ijazah yang muncul pada gatewayUII -UIITagihan.
  3. Mahasiswa mendaftar wisuda melalui gatewayUII - UIILayanan » Pendaftaran Wisuda dengan menggunakan login akun UII.
  4. Pastikan data yang diisi atau dipilih sudah sesuai, karena pendaftar tidak dapat melakukan perbaikan data kembali setelah pendaftaran wisuda dinyatakan lolos verifikasi.
  5. Pembayaran biaya wisuda dapat dilihat pada gatewayUII -UIITagihan. setelah pendaftar dinyatakan lolos verifikasi.

Informasi lengkap wisuda 👉 Klik Disini

 

Saluran Kritik dan Saran

Suara Anda sangat berarti bagi kami. Silakan sampaikan apresiasi, kritik, atau saran Anda untuk peningkatan FBE UII menjadi lebih baik

© Hak Cipta 2025 - Unit Humas & Kerja Sama Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII | Konten dimutakhirkan 18 November 2021