Menyelaraskan keunggulan akademik dan kekuatan karakter

Desain kurikulum dan proses pendidikan di FBE UII tak sekedar membekali mahasiswa dengan pengetahuan ilmu bisnis dan ekonomi namun juga didukung dengan pembentukan karakter yang berlandaskan nilai keislaman dan kebangsaan.

Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sejak tahun 2020, Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII) tampil dengan wajah dan semangat baru untuk menghadirkan program pendidikan unggulan dalam bidang ilmu bisnis dan ekonomika. Pengembangan kurikulum dan perkuliahan di FBE UII sejalan dengan komitmen kuat UII untuk terus mendorong kemajuan yang berkelanjutan dengan tetap berpedoman pada standar kualitas pendidikan di tingkat nasional dan internasional, memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan, kebutuhan pengguna lulusan, serta dinamika lingkungan bisnis dan ekonomi di dunia. Jadilah bagian dari wajah baru dan masa depan bisnis dan ekonomi. Bergabunglah bersama kami dan persiapkan karier masa depan Anda bersama FBE UII.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Prof. Dr. Jaka Sriyana, S.E., M.Si.

Visi & Misi Universitas

VISI
Terwujudnya Universitas Islam Indonesia sebagai rahmatan lil ‘alamin, memiliki komitmen pada kesempurnaan (keunggulan), risalah islamiah, di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan dakwah, setingkat universitas yang berkualitas di negara-negara maju.

MISI
Menegakkan wahyu Ilahi dan sunah Nabi sebagai sumber kebenaran mutlak serta rahmat bagi alam semesta, dan mendukung cita-cita luhur dan suci bangsa Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui upaya membentuk tenaga ahli dan sarjana muslim yang bertakwa, berakhlak, terampil, berilmu amaliah dan beramal ilmiah, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni yang berjiwa agama Islam, membangun masyarakat dan negara Republik Indonesia yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang diridai oleh Allah Swt., serta mendalami, mengembangkan, dan menyebarluaskan pemahaman ajaran agama Islam untuk dihayati dan diamalkan oleh warga Universitas dan masyarakat pada umumnya.

Visi & Misi Fakultas

VISI
Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII menjadi pusat keunggulan dan terkemuka dalam melaksanakan catur dharma perguruan tinggi dengan mengedepankan komitmen pada kesempurnaan, keberlanjutan, dan risalah Islamiyah.

MISI
Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu manajemen, akuntansi, dan ekonomi bertaraf nasional dan internasional; menghasilkan dan mendesiminasikan penelitian yang berkualitas di bidang ilmu manajemen, akuntansi, dan ekonomi; melaksanakan pengabdian masyarakat yang bermanfaat; dan melaksanakan dakwah Islamiyah.

Sejarah dan Perkembangan

Nama FBE UII mulai digunakan  pada tanggal 1 Januari 2020. Adapun sebelumnya bernama Fakutas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) yang didirikan oleh Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia pada 27 Rajab 1367 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 5 Juni 1948 Masehi, dan kemudian dikukuhkan dengan akte Notaris RM. Wiranto No. 9 tertanggal 21 Desember 1951. Pada awal berdirinya, FE UII memiliki tiga jurusan (program studi) yaitu: Jurusan Ketatanegaraan, Jurusan Umum, dan Jurusan Perusahaan. Pada tahun 1964, Jurusan Ketatanegaraan dan Jurusan Umum ditutup. Seiring dengan laju pembangunan di Indonesia dan perkembangan ilmu pengetahuan, pada tahun akademik 1980/1981 FE UII membuka Jurusan Akuntansi. Kemudian pada tahun akademik 1990/1991 FE UII membuka Jurusan/Program Studi  Ekonomi Pembangunan.

Pada tahun 1996, FBE UII menjadi pionir dalam penyelenggaraan International Program (IP) di Indonesia. Keberadaan IP selama lebih dari 25 tahun untuk semua program Sarjana di FBE UII merupakan wujud dari komitmen internasionalisasi FBE UII, baik dalam perkembangan mobilitas internasional bagi mahasiswa, maupun dalam menghadirkan atmosfer global dalam suasana pembelajaran di kampus.

Pada era kepemimpinan Prof. Jaka Sriyana, SE., M.Si., Ph. D sebagai Dekan FE UII, nama Fakutas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) berubah nama menjadi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) berdasarkan Surat Keputusan Rektor UII Nomor: 1378/SK-REK/SP/XII/2019 yang berlaku mulai tanggal 1 Januari 2020.

Hingga saat ini, FBE UII memiliki tiga jurusan, yaitu (1) Jurusan Manajemen yang membawahi 3 program studi, yaitu Program Studi Manajemen Program Magister (S2), Program Sarjana (S1) untuk Program Reguler dan International Program (IP), dan Program Diploma (D3); (2) Jurusan Akuntansi yang membawahi 3 program studi, yaitu Program Studi Akuntansi Program Magister (S2), Program Sarjana (S1) untuk Program Reguler dan International Program (IP), dan Program Diploma (D3); dan (3) Jurusan Ilmu Ekonomi yang membawahi 4 program studi, yaitu Program Studi Ilmu Ekonomi Program Doktor (S3), Program Magister (S2), Program Studi Ekonomi Pembangunan Program Sarjana (S1) untuk Program Reguler dan International Program (IP), dan Program Studi Perbankan & Keuangan Program Diploma (D3). Dalam waktu dekat, Program Studi Manajemen Program Doktor (S3) akan segera dibuka untuk semakin melengkapi ragam kebutuhan pendidikan tinggi di masyarakat.

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan oleh FBE UII dituangkan di dalam sebuah kurikulum yang dirancang sesuai dengan kompetensi lulusan yang ingin dicapai. Evaluasi kurikulum dilakukan setiap empat tahun untuk menyesuaikan dengan perkembangan keilmuan. Penyesuaian kurikulum juga dilaksanakan sebagai respon adanya peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang mengharuskan kurikulum semua program studi diubah dan disesuaikan dengan beberapa peraturan yang ada seperti Undang-Undang Pendidikan Tinggi No. 12 Tahun 2012; Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) yang dimuat dalam Keputusan Menteri No. 49 Tahun 2014 dan revisinya yang dimuat dalam Peraturan Kemenristek no. 44 tahun 2015. Saat ini, seluruh program studi di FBE UII menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang dimulai pada tahun 2021.

© Hak Cipta 2021 - Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia | Konten dimutakhirkan 18 November 2021