Layanan Pustaka
Layanan uji plagiasi, e-library, submisi TA, dan bebas pustaka
Prosedur Kerja dan Instruksi Kerja (PK-IK) dapat dilihat di tautan ini: 👉 PK-IK Div. Pengelola Pengetahuan
Uji Plagiasi / Plagiarism Check
Alur Uji Plagiarisme
Alur Pertama
- Mahasiswa proses bimbingan skripsi
- Mahasiswa ingin melakukan cek plagiarisme untuk mengetahui persentase
- Mahasiswa mengirimkan ke email [email protected] file skripsi dalam bentuk “WORD” (cover, bab I s/d daftar pustaka)
Dilengkapi dengan:
- Nama
- NIM
- Judul skripsi
- Dosen pembimbing
- Nomor HP
Pada subject email diinformasikan:
“SAYA HANYA INGIN CEK PERSENTASE”
Catatan: Jika Anda lolos plagiarisme, Anda belum mendapatkan surat bebas plagiarisme
Alur Kedua
- Dosen telah memberikan ACC untuk cek plagiarisme dan selanjutnya mendaftar sidang
- Mahasiswa mengirimkan ke email [email protected]. File skripsi lengkap sesuai dengan daftar isi dan ketentuan penulisan TA (cover s/d lampiran) dengan format file berbentuk “WORD”
Dilengkapi dengan:
- Nama
- NIM
- Judul skripsi
- Dosen pembimbing
- Nomor HP
- Bukti ACC dosen (halaman pengesahan atau lembar bimbingan yang telah ditandatangani dosen atau bukti capture chat)
Pada subject email diinformasikan:
“SAYA INGIN UJI PLAGIARISME”
Catatan: jika lolos, Anda akan mendapatkan surat bebas plagiarisme untuk mendaftar sidang
The Flow of Plagiarism Check
First Step
- College student of thesis guidance process
- College student wanted to check their plagiarism for knowing the percentage
- College student sent thesis file to [email protected]. The format is “WORD” (cover, chapter I, until bibliography)
Fulfill with:
- Name
- Student Number (NIM)
- Thesis Title
- Thesis Adviser
- Phone Number
Before sent the email write the subject with:
“I ONLY WANT TO CHECK THE PERCENTAGE”
P.S: if you pass this, you doesn’t get the plagiarism letter yet)
Second Step
- The lecturrer have given acception for checking the plagiarism and register for thesis defense
- College student sent thesis file to [email protected] complete thesis file in accordance with the table of contents and the terms of the final project and the format is “WORD”
Fulfill with:
- Name
- Student Number (NIM)
- Thesis Title
- Thesis Adviser
- Phone Number
- Proof of lecturer ACC (the validation page, proof of screen capture chat, or guidance sheet that has been signed by the lecturer)
Before sent the email write the subject with:
“I WANT TO PLAGIARISM CHECK”
P.S: if you pass this, you can get the plagiarism letter for register the thesis defense)
E-Library
Cara Akses Perpustakaan Digital:
- Buka library.fbe.uii.ac.id/
- Klik icon menu
- Klik area anggot
- Login akun UII
- ID Anggota diisi NIM atau NIK
- Cari buku sesuai kata kunci
- Pilih pada bagian judul
- Muncul informasi buku
- Klik kanan pada logo PDF untuk membuka di tab baru
How to Access Digital Library
- Open library.fbe.uii.ac.id
- Click menu icon
- Click member area
- Log in to UII account
- Member ID filled with student number (NIM)
- Search for the books according to the keyword
- Click the title title section
- It will show the information of the book
- Right click on the PDF logo for show the new tab
Surat Keterangan Penyerahan TA / Final Project Submission
SURAT KETERANGAN PENYERAHAN TA dan SURAT BEBAS PUSTAKA
Berkas yang harus dilengkapi:
- Skripsi dalam bentuk MS WORD
- Skripsi dalam bentuk PDF
- Kedua file di atas lengkap disertai dengan scan:
- Pernyataan Bebas Plagiarisme bermeterai
- Halaman Pengesahan yang ditandatangani dosen pembimbing
- Berita Acara non nilai (untuk S1) atau halaman pengesahan yang sudah ditandatangan dan distample kaprodi (untuk D4)
Ketiga poin di atas dimasukkan ke dalam file skripsi baik file WORD maupun PDF
Serta mengirimkan bukti :
- Berita Acara sidang skripsi beserta nilainya yang sudah ditandatangan digital (untuk S1) atau ditandatangan dan distample kaprodi (untuk D4)
- Sebutkan juga KONSENTRASI skripsi
Kirim ke email:
[email protected] (Perpustakaan FBE)
[email protected] (Perpustakaan Pusat UII)
Pada subject email diinformasikan:
“PERMOHANAN BEBAS PUSTAKA”
Catatan: Wajib mengirimkan dengan email akun UII (@students.uii.ac.id)
FINAL PROJECT SUBMISSION and LIBRARY FREE LETTER
Files must attach:
- Thesis in MS Word form
- Thesis in PDF form
- The two files above are accompanied by a scan:
- Plagiarism letter with stamped
- The validation page signed by thesis adviser
- Non-grade minutes (for Bachelor S1) or approval page signed and stamped by the head of study program (for Applied Bachelor’s Degree D4)
The three points above are included in your thesis file, both WORD and PDF files
Also send evidence:
- Final project exam news which has score and digital signature (for S1 Bachelor) or signed and stamped from Head of Study Program (for Applied Bachelor’s Degree D4)
- Mention also your thesis concentration
Sent to
[email protected] (Faculty Library)
[email protected] (UII Central Library)
Before sent the email write the subject with:
“REQUEST for BEBAS PUSTAKA”
Note: submit via UII email account (@students.uii.ac.id)
Bebas Pustak (S2 & S3) / Library Free Letter (S2 & S3)
Bebas Pustaka S2/S3
- Silakan mengirimkan tesis/disertasi lengkap dengan pernyataan bebas plagiarisme bermaterai, berita acara dan lembar pengesahan yang sudah ditandatangi dan cap resmi
- File dalam bentuk PDF
Kirim ke email:
[email protected] (Perpustakaan FBE)
[email protected] (Perpustakaan Pusat UII)
Pada subject email diinformasikan:
“PERMOHANAN BEBAS PUSTAKA”
Catatan: Tidak ada Buku Dipinjam dan Tanggungan denda
Bebas Pustaka (Cuti/Pengunduran Diri)
Format:
- Nama
- NIM
- Jurusan
- Keperluan : Cuti/Mengundurkan Diri
Kirim ke email:
[email protected] (Perpustakaan FBE)
[email protected] (Perpustakaan Pusat UII)
Pada subject email diinformasikan:
“PERMOHANAN BEBAS PUSTAKA”
Catatan: Tidak ada Buku Dipinjam dan Tanggungan denda
Library Free Letter for Postgraduate/Doctoral
- Please submit a thesis or dissertation with statement of plagiarism free, event news, signature, and stamp
- File is in PDF Form
Kirim ke email:
[email protected] (Perpustakaan FBE)
[email protected] (Perpustakaan Pusat UII)
Before sent the email write the subject with:
“REQUEST for BEBAS PUSTAKA”
Note: You don’t have fine/penalty and borrow books
Library Free Letter for Resignation / Paid Leave
Format:
- Name
- Student Number (NIM)
- Major
- Necessity: Resignation/Paid leave
Kirim ke email:
[email protected] (Perpustakaan FBE)
[email protected] (Perpustakaan Pusat UII)
Before sent the email write the subject with:
“REQUEST for LIBRARY FREE LETTER”
Note: You don’t have fine/penalty and borrow books
Masih ada pertanyaan?
Silakan hubungi atau datang ke Perpustakaan FBE UII
Saluran Kritik dan Saran
Suara Anda sangat berarti bagi kami. Silakan sampaikan apresiasi, kritik, atau saran Anda untuk peningkatan FBE UII menjadi lebih baik
Tenaga Kependidikan Divisi Pengelola Pengetahuan
- Suwardi, S.IP., M.IP.
(Kepala Divisi Pengelolaan Pengetahuan) - Anton Risparyanto, S.Sos., M.IP.
(Kepala Urusan Pengelolaan Publikasi Ilmiah) - Ahmad Sofyan Hadi, A.Md.
(Kepala Urusan Layanan Pemustaka dan Sirkulasi) - Bambang Hermawan, S.I.Pust.
(Koordinator Pengembangan Koleksi dan Administrasi) - M. Zahri Uza
(Staf)

Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Universitas Islam Indonesia
Gedung Ace Partadiredja
Jl. Pawirokuat, Ring Road Utara, Condongcatur, Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
INDONESIA
Telepon: +62 274 881546
Faksimile: +62 274 882589
Email: fbe[at]uii.ac.id
