Layanan Divisi Administrasi Keuangan
INFORMASI PERIHAL PEMBAYARAN NON SPP FBE UII
Mulai tanggal 15 Oktober 2021, semua pembayaran mahasiswa non SPP di Fakultas Bisnis dan Ekonomika menggunakan nomor Virtual Account (VA).
Rekening Bank Mandiri dengan nomor 137xxxxxx75 tidak dapat digunakan lagi untuk menerima pembayaran non SPP mahasiswa.
Mahasiswa harus melakukan pengajuan/pengaktifan nomor Virtual Account (VA) untuk jenis-jenis pembayaran tertentu sebelum melakukan pembayaran.
1.Pengaktifan Virtual Account (VA)
Secara umum setiap nomor Virtual Account (VA) masih dalam kondisi off (belum aktif), dan agar mahasiswa bisa membayar melalui VA maka nomor VA dari masing-masing mahasiswa harus diaktifkan terlebih dahulu.
Pengaktifan nomor VA berdasar person dikelompokkan menjadi 2, yaitu :
Pengaktifan VA oleh Petugas
Jenis pembayaran yang diaktifkan langsung oleh petugas yakni :
- Skripsi/tugas akhir dan atau sejenisnya,.
- Diseminasi/publikasi tugas akhir dan sejenisnya
- Workshop Belajar Mandiri (WBM)
- Taklim
Jenis VA diatas dilakukan oleh mahasiswa yang telah melakukan proses key in KRS atau pengumpulan data di prodi atau unit di bawah FBE UII.
Pada jenis ini mahasiswa tinggal membayar dengan kode virtual yang sudah ditentukan dan pada rentang jadwal pembayaran yang juga sudah ditentukan.
Pengaktifan VA oleh mahasiswa
Pengaktifan VA oleh (atas permintaan mahasiswa) ini dilakukan dengan mengisi Form yang telah disediakan, dan jenis pengaktifan ini di kelompokkan menjadi 2 (dua) bagian, yaitu :
Oleh Petugas atau seizin Petugas
Pengisian form oleh petugas atau seizin petugas karena menyangkut perizinan dari aktivitas yang diinginkan dan besaran biaya yang harus dibayarkan, jadi sebelum mengajukan VA sebaiknya mahasiswa menghubungi petugas terkait melalui nomer telepon FBE UII (0274)-881546 pada jam kantor Senin – Jumat ( 08.00-1600)
Yang masuk dalam kelompok ini yakni :
- Denda Perpustakaan, extension. 2222 atau WA Perpustakaan 0812-2692-880
- Tunggakan bimbingan Skripsi/Tugas Akhir, extension 1108
- Ujian Susulan dan Independent Study (menghubungi masing masing Prodi)
- Mandiri Mahasiswa
Pengaktifan mandiri mahasiswa artinya mahasiswa diminta mengisi Google form yang telah sediakan terlebih dahulu. Jenis pembayaran yang masuk dalam kelompok ini adalah :
- Legalisir Transkrip dan atau Legalisir Ijazah (Offline)
- Legalisir Online (paket legalisir Ijazah dan Transkrip)
- Syarat Lulus (Gabungan Sumbangan Perpustakaan dan Cetak Transkrip Asli).
- Ujian Skripsi / Tugas Akhir
- Ujian Pendadaran / Komprehensif
Untuk lebih jelasnya semua informasi berkaitan dengan jenis permintaan VA dalam kelompok ini silahkan masuk ke laman Layanan Akademik
Langkah – Langkah Pengajuan/Pengaktifan Nomor VA Mandiri Mahasiswa.Bagi mahasiswa yang hendak mengajukan pengaktifan Virtual Account (VA) secara mandiri langkah-langkah sebagai berikut :
- Mengisi Form yang telah disediakan (klik disini).
- Pastikan isian dan pilihan yang dilakukan sudah benar sebelum melakukan submit.
- Petunjuk cara pembayaran lihat (klik disini).
- Melakukan pembayaran NON SPP sesuai petunjuk dengan Nomor VA yg telah diterbitkan.
- Simpan dengan aman bukti bayar pembayaran.
Apabila ada kendala pembayaran silahkan hubungi nomor telpun FBE UII (0274)-881546 ext. 1106 atau Whatsapp 0812-9988-1546 ( WA only) Keuangan FBE UII pada jam kantor Senin – Jumat ( 08.00-1600)
2. Pembayaran Virtual Account (VA)
Virtual Account (VA) otomatis aktif dan bisa dibayarkan setelah 2×24 Jam (Hari Kerja) dari Pengajuan VA oleh mahasiswa, pengajuan VA diatas jam 16:00 WIB dianggap masuk ke tanggal/hari berikutnya. .
Silahkan check secara berkala untuk melakukan pembayaran .
Tidak ada KONFIRMASI dari staf kepada mahasiswa perihal VA.
Form permohonan Virtual Account (VA) ini digunakan untuk mengaktifan nomor Virtual Account (VA) mahasiswa.
Silahkan diisi secara benar dan lengkap.
Form Permohonan VA untuk kelas Reguler dan Internasional berbeda.
CARA PEMBAYARAN VIRTUAL ACCOUNT
Via ATM
- Pilih menu BAYAR/BELI, kemudian pilih submenu PENDIDIKAN
- Masukkan kode institusi 10257
- Masukkan KODE BAYAR (NIM+KODE JENIS PEMBAYARAN)
- Tekan tombol Benar.
- Layar Akan menampilkan KODE BAYAR, NAMA, NIM, PRODI, JENIS PEMBAYARAN, dan NOMINAL TAGIHAN kemudian tekan 1 jika data telah sesuai.
- Untuk melakukan eksekusi tekan Ya, kemudian struk ATM akan tercetak.
Via Mandiri Online
- Akses ke alamat web: www.bankmandiri.co.id ( jika menggunakan web browser ) atau download apps di Play Store ( Android ) / download di App Store ( IOS )
- Masukkan User & Password kemudian klik Login pada Mandiri Online
- Pada menu utama, Pilih menu PEMBAYARAN kemudian pilih menu PENDIDIKAN.
- Pilih rekening pembayaran, kemudian pilih penyedia layanan UII FAKULTAS EKONOMI (10257)
- Masukkan KODE BAYAR (NIM+KODE JENIS PEMBAYARAN)
- Kemudian klik lanjutkan, layar akan menampilkan KODE BAYAR, NAMA, NIM, PRODI, JENIS PEMBAYARAN, dan NOMINAL TAGIHAN, kemudian pilih LANJUTKAN
- Kemudian masukan PIN (Jika menggunakan App) Atau masukan Challenge Number yang diterima OTP SMS (Jika menggunakan Web)
- Hasil transaksi dapat disimpan dan dicetak sebagai bukti pembayaran yang sah.
Via Kantor Cabang
- Customer datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri, sampaikan ke petugas Bank Mandiri bahwa akan melakukan Pembayaran Bill Payment – UII FAKULTAS EKONOMI (10257).
- Mengisi slip Multi Payment dengan lengkap yaitu Nama Perusahaan: UII FAKULTAS EKONOMI , KODE BAYAR dan NOMINAL PEMBAYARAN.
- Menyerahkan Slip Multi Payment kepada Teller untuk pembayaran virtual account.
- Teller akan menginformasikan KODE BAYAR, NAMA, NIM, PRODI, JENIS PEMBAYARAN, dan NOMINAL TAGIHAN.
- Jika telah sesuai maka akan diproses pembayarannya.
- Sebagai Bukti pembayaran, Nasabah menerima Slip yang telah di Validasi.
KODE BILL PAYMENT
FORMAT KODE BAYAR
NIM+KODE JENIS PEMBAYARAN
exp nomhs 00311001 untuk pembayaran Ujian Susulan -> 3110017 -NIM dgn awalan 0, maka kode VA dimulai dgn angka setelah 0 exp nomhs 17312001 untuk pembayaran Ujian Susulan -> 173120017 -NIM dgn awalan bukan 0, maka kode VA dimulai dari angka NIM
Kode Bayar | Jenis Pembayaran | Program Studi | Aktivasi oleh |
1 | Legalisir Transkrip Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
2 | Legalisir Ijazah Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
3 | Syarat Lulus (Transkrip & Sumbangan Perpust) Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
4 | Tunggakan & Perpanjangan Tugas Akhir Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
5 | Ujian Skripsi / Pengganti skripsi Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
6 | Pendadaran / Komprehensif Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
7 | Ujian Susulan Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
8 | Independent Study Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
9 | Denda Perpustakaan Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
10 | Taklim Semua Petugas | Semua | Petugas |
11 | Legalisir Online Semua Permintaan Mhs | Semua | Permintaan Mahasiswa |
12 | TA Magang (smt 7- Rp. 1.300.000) EA Petugas | EA | Petugas |
13 | TA Magang (smt 8- Rp. 1.550.000 ) EA Petugas | EA | Petugas |
14 | TA Wirausaha (7 SKS – Rp. 1.050.000) EA Petugas | EA | Petugas |
15 | – EA Petugas | EA | Petugas |
16 | Tugas Akhir (Skripsi, Magang , RBB) Semua Petugas | Semua | Petugas |
17 | Diseminasi/Publikasi (Skripsi, Magang , RBB) EM Petugas | EM | Petugas |
18 | Tugas Akhir & Ujian Komprehensif (4 SKS) EP Petugas | EP | Petugas |
19 | Merdeka Belajar (18 SKS) EP Petugas | EP | Petugas |
20 | WBM EM Petugas | EM | Petugas |
21 | Sertifikasi SDM EM Petugas | EM | Petugas |
22 | Sertifikasi RSA EM Petugas | EM | Petugas |
23 | Official Transcript Semua Permintaan mahasiswa | Semua | Permintaan Mahasiswa |
Daftar dapat diperbarui sewaktu-waktu.
Mahasiswa mengajukan pengembalian pembayaran NON SPP dengan prosedur sebagai berikut :
1. Download Surat Permohonan Pengembalian berikut
2. Mengisi Surat yang telah di unduh dengan benar, dan simpan file dalam bentuk Pdf
dengan format : <
3. Menyiapkan bukti pembayaran non SPP dan buku tabungan penerima dalam bentuk pdf/jpg file
4. Isi Link Google Form dibawah
5. Menunggu proses pengembalian biaya minimal 3×24 jam.
6. Dana akan ditransfer ke nomer rekening yang dicantumkan
7. Apabila ada pertanyaan bisa menghubungi Divisi Keuangan FBE UII No telephone 0274.881546
ext 1106 pada jam kerja = Senin-Jum’at – pukul 08.00-16.00 Wib, Sabtu & Minggu = Libur
Mahasiswa FBE UII dapat mengakses halaman Bukti Bayar Mahasiswa menggunakan email UII untuk melihat validasi pembayaran .
Daftar Bayar yang di upload sesuai dengan tanggal bayar yang dilakukan mahasiswa dan akan di update minimal 2 minggu sekali
REKAP BUKTI BAYAR THN 2021
Mahasiswa FBE UII dapat mengakses halaman Bukti Bayar Mahasiswa dengan menggunakan email UII untuk melihat validasi pembayaran .
Daftar Bayar yang di upload akan di update minimal 2 minggu sekali
REKAP BUKTI BAYAR THN 2022
Mahasiswa FBE UII dapat mengakses halaman Bukti Bayar Mahasiswa menggunakan email UII untuk melihat validasi pembayaran .
Daftar Bayar yang di upload akan di update minimal 2 minggu sekali
REKAP BUKTI BAYAR THN 2023