Semester Antara

Tahun Akademik 2024/2025

Ketentuan Umum

  1. Semester Antara bersifat PILIHAN sehingga tidak wajib diikuti oleh setiap Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE), Universitas Islam Indonesia (UII)
  2. Mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti semester antara adalah mahasiswa yang aktif pada 2 (dua) semester dan/atau salah satu semester tahun akademik yang sedang berjalan
  3. Mata kuliah yang dapat diambil adalah mata kuliah yang pernah ditempuh pada semester sebelumnya, termasuk Semester Genap 2024/2025
  4. Jumlah SKS yang boleh diambil maksimal 9 SKS. Bagi mahasiswa yang mengambil lebih dari 9 SKS, panitia berhak menghapus kelebihan SKS tersebut tanpa konfirmasi
  5. Mahasiswa yang sedang mengambil KKN tidak diperbolehkan mengikuti Semester Antara 2024/2025. Bagi mahasiswa KKN tetap mengambil mata kuliah semester antara maka panitia berhak menghapus tanpa konfirmasi
  6. Apabila jumlah mahasiswa tidak memenuhi batas minimal, panitia akan mengambil keputusan apakah kelas tersebut akan diselenggarakan/tidak.
  7. Pengembalian dana mahasiswa hanya akan dilakukan jika kelas yang dipilih oleh mahasiswa tersebut dibatalkan oleh panitia Semester Antara.
  8. Mahasiswa yang telah habis/tutup teori tidak diperkenankan mengikuti Semester Antara
  9. Nilai Semester Antara tidak mempengaruhi pengambilan jumlah SKS Semester Ganjil 2025/2026
  10. Seluruh perkuliahan pada Semester Antara 2024/2025 dilakukan dengan metode luring

Informasi Penting

Mahasiswa yang terlambat melakukan pengambilan atau penambahan mata kuliah pada saat key-in revisi, baik karena alasan terhapusnya mata kuliah pilihan di keranjang atau karena alasan teknis lainnya, masih diberi kesempatan untuk bisa mengikuti kelas mata kuliah yang diinginkan, dengan mengikuti prosedur berikut:

  1. Mahasiswa harus menyelesaikan pembayaran tagihan pertama, yaitu tagihan yang muncul atas jumlah SKS yang sebelumnya telah berhasil di-key-in-kan. Silahkan lihat 👉panduan pembayaran.
  2. Setelah pembayaran tahap pertama dilakukan (jika sebelumnya mahasiswa belum mengambil mata kuliah sama sekali, maka langsung ikuti langkah kedua), mahasiswa mengisi 👉 Formulir Permohonan Key-In Manual untuk mata kuliah yang ingin diikuti. Silahkan periksa dulu penetapan mata kuliah (lihat sidebar bagian kanan), untuk mengetahui mata kuliah yang ditawarkan, dibatalkan, dan atau digabung.
  3. Panitia akan menerbitkan Virtual Account (VA) baru untuk yang bersangkutan, dan mahasiswa melakukan pembayaran setelah menerima email tagihan (sebagaimana langkah 1). Penerbitan VA akan dilakukan setelah batas waktu terakhir Pengisian Key-in Manual berakhir. Prosedur ini hanya berlaku bagi mahasiswa yang mengajukan Key-in Manual.
  4. Mahasiswa mengunggah bukti pembayaran (transfer) melalui 👉 Formulir Pelaporan Pembayaran Key-in Manual.
  5. Panitia melakukan key-in manual atas mahasiswa berdasarkan bukti pembayaran yang telah diunggah pada langkah 4.

Pengisian Formulir Permohonan Key-in Manual dapat diterima/diakomodir oleh panitia selambat-lambatnya Jumat, 8 Agustus 2025, Jam 23:59 WIB.

Mata Kuliah yang Ditawarkan

Mata kuliah berikut adalah mata kuliah yang ditawarkan pada Semester Antara 2024/2025.

👉 Daftar Mata Kuliah (closed)

👉 Mata Kuliah Baru dan Gabungan

Pra Perkuliahan
  1. Mahasiswa yang telah key in akan bergabung secara otomatis ke dalam kelas di google classroom sesuai dengan mata kuliah yang diikuti di Semester Antara. Proses ini akan dilakukan Panitia Semester Antara paling lambat 1 hari sebelum pertemuan pertama.
  2. Mahasiswa yang melakukan key in dan tidak dapat bergabung secara otomatis ke dalam kelas di google classroom sampai 1 hari sebelum pertemuan pertama, mohon segera menghubungi Panitia Semester Antara melalui email/WA Panitia Semester Antara
  3. Akses google classroom masing-masing mahasiswa dilakukan dengan akun Email UII ([email protected]). Panduan akses Email UII dapat dilihat pada halaman ini
  4. Mahasiswa yang telah melakukan key in dan tidak melakukan pembayaran secara tuntas akan dibatalkan keikutsertaannya dari Semester Antara
  1. Masa perkuliahan Semester Antara dilaksanakan pada 13 – 30 Agustus 2025 sebanyak 8 sesi pertemuan.
  2. Secara keseluruhan proses belajar mengajar (penyampaian materi, tugas, dan ujian) Semester Antara dilakukan secara luring.
  3. Komunikasi dosen dan mahasiswa untuk proses pembelajaran dilakukan melalui google classroom masing-masing kelas.
  4. Proses presensi kehadiran mahasiswa dilakukan oleh dosen pengampu masing-masing kelas. Presensi mahasiswa dapat dipantau melalui UIIPerkuliahan – Presensi pada laman:👉 http://www.gateway.uii.ac.id.
  5. Ujian Tengah Semester (UTS) dilaksanakan dengan memanfaatkan salah satu pertemuan sesuai dengan jadwal kelas. Jadwal kelas yang dipakai UTS akan ditentukan oleh dosen pengampu.
  6. Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan terjadwal pada 1-3 September 2025. Jadwal UAS masing-masing kelas dapat dicermati pada laman: s.id/finalexam-sa25

Mahasiswa yang dapat mengikuti UAS adalah mahasiswa yang dengan tingkat kehadiran MINIMAL 75% dari kehadiran dosen

-> JADWAL UAS SEMESTER ANTARA 2025 

Setelah melaksanakan UAS maka kelas Semester Antara yang diikuti mahasiswa telah berakhir, dan nilai akhir untuk masing-masing mahasiswa dapat dilihat pada UIIPerkuliahan – Nilai pada laman: http://www.gateway.uii.ac.id

Timeline

Tanggal Deskripsi
31 Juli (09:30 WIB) - 2 Agustus 2025 (23:59 WIB) Key in RAS.
1 Agustus 2025 (09:30 WIB) - 2 Agustus 2025 (16:00 WIB) Petisi
5 Agustus 2025 Penetapan Kelas oleh Prodi.
6 Agustus 2025 (09:30 WIB - 16:00 WIB) Key In Revisi
7 - 10 Agustus 2025 Pembayaran SKS
13-30 Agustus 2025 Perkuliahan dan UTS
1-3 September 2025 Ujian Akhir Semester (UAS)
10 September 2025 Yudisium

Narahubung

Sekretariat Semester Antara

Ruang P1/5, Gedung Prof. Ace Partadiredja

Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta

Whatsapp : +62 812-1592-310 (Iin)

Telepon : 0274 881546 ext 7105

Email : [email protected]

© Hak Cipta 2025 - Unit Humas & Kerja Sama Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII | Konten dimutakhirkan 15 Januari 2024