,

IP Akuntansi FBE UII, Salah Satu Tempat Terciptanya Pemimpin Global

Menjadi seorang pemimpin yang tangguh, unggul secara kompetitif, serta mampu berkontribusi aktif untuk lingkungan tentu memerlukan persiapan matang. Melalui webinar bertemakan “International Program of Accounting : Preparing for a Global Business Leader”, Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) berusaha membekali calon-calon pemimpin global dengan segudang pengetahuan dan pengalaman yang lengkap. Webinar yang dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2020 ini dibersamai oleh Ayu Chairina Laksmi,, S.E., M.AppCom., M.Res., Ak., Ph.D. Ak, CA selaku Sekretaris Internasional Program Akuntansi FBE UII,  Nihlah Ilhami selaku Kepala Divisi Mobilitas Internasional, Direktorat Kemitraan/Kantor Urusan Internasional UII,  Ir. Tina Purwono selaku perwakilan dari Saxion University of Applied Sciences, Belanda, dan Muli Wening Utami, S. Ak sebagai Alumni  Alumni Akuntansi Program Internasional FBE UII Angkatan 2014.

Nihlah Islami, dalam sambutannya memaparkan bahwasanya UII berkomitmen dalam menyiapkan pemimpin-pemimpin global dengan menyediakan kesempatan mobilitas Internasional bersama universitas mitra seperti Saxion University of Applied Sciences di Belanda, University of Queensland di Australia, dan SolBridge International School of Business di Korea Selatan. Pada tahun 2018, total ada sebanyak 280 Mahasiswa UII berkesempatan merasakan manfaatnya. Ayu Chairina Laksmi,, S.E., M.AppCom., M.Res., Ak., Ph.D. Ak, CA selaku Sekretaris Internasional Program Akuntansi FBE UII, tak lupa juga menegaskan bahwa semua kegiatan pembelajaran dan kurikulum di UII selalu berlandaskan kepada nilai rahmatan lil ‘alamin.

Muli Wening Utami, S. Ak selaku Alumni Akuntansi Program Internasional FBE UII membagikan pengalamannya mengikuti kegiatan internasional selama menjadi mahasiswa UII yang mana semua kegiatan internasional itu memberikan manfaat dan nilai lebih untuknya saat terjun di dunia kerja. “IP (International Program) UII sangat berperan dalam memperkenalkan dan memfasilitasi para mahasiswanya dalam memberikan kegiatan internasional yang sangat berguna di dunia kerja,” terang Muli. Selain itu, menurutnya, mahasiswa yang mengikuti berbagai macam kegiatan internasional mendapat keunggulan berupa tumbuhnya sifat percaya diri serta menambah keterampilan.

Ir. Tina Purwono selaku perwakilan dari Saxion University of Applied Sciences Belanda, menjelaskan tentang kehidupan mahasiswa di Belanda. Mulai dari perbedaan budaya, bahasa, serta biaya hidup yang diperlukan untuk menempuh perkuliahan di Belanda. Beliau juga memberikan persyaratan yang harus dipenuhi jika berminat  melanjutkan studi ke Belanda serta menawarkan berbagai macam kesempatan beasiswa yang bisa mahasiswa dapatkan.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, mahasiswa dapat mengetahui hal-hal yang diperlukan untuk menjadi seorang pemimpin global serta mengetahui peranan akuntansi, terkhususnya Akuntansi Program Internasional FBE UII untuk menciptakan seorang pemimpin global. (BIL/DHK)