,

Kuatkan Profil Lulusan Wirausaha, Prodi Manajemen FBE UII Adakan Kompetisi Business Model Canvas

Saat ini, sebuah universitas diharapkan tidak hanya mampu menciptakan generasi peneliti yang handal, melainkan juga diharapkan mampu mencetak para pengusaha. Hal ini sejalan dengan visi Universitas Islam Indonesia yakni sebagai Entrepreneurial University, yang kemudian melahirkan sebuah program Entrepreneurial Learning Outcome (ELO) dari Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan yaitu Simpul Tumbuh UII. Program Studi Manajemen FBE UII (Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia) merupakan salah satu prodi yang berhasil meraih hibah yang didukung oleh konsorsium Erasmus+ GITA (University of Gloucestershire – Inggris; University of Innsbruck – Austria; Technology University of Dublin – Irlandia; Fachhochschule des Mittelstands University – Jerman) serta Asosiasi Akselerator Kewirausahaan Indonesia (AKSELWIRA) dan mewujudkan hibah tersebut dalam kompetisi Business Model Canvas (BMC) 2021, (25/6).

Banyaknya ide bisnis yang dimiliki oleh mahasiswa kini dapat dituangkan dalam kompetisi BMC tersebut. “Kompetisi Business Model Canvas (BMC) ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Prodi Manajemen UII untuk mewujudkan ide bisnis. Di samping itu, kompetisi ini juga dapat dijadikan sebagai ajang validasi ide bisnis dari mahasiswa,” ujar Ketua Program Studi Manajemen, Anjar Priyono, SE., M.Sc., Ph.D.

Penyelenggaraan kompetisi Business Model Canvas yang didukung pula oleh Entrepreneurial Development Program (EDP) milik Prodi (Program Studi) Manajemen ini diikuti oleh puluhan tim bisnis dari seluruh mahasiswa lintas prodi di lingkungan UII. Terpilih tiga tim bisnis dari sepuluh finalis terbaik pada babak penjurian oleh beberapa dewan juri yang terdiri dari Bagus Panuntun, SE., MBA., CWM., CFP., CSA., CBC. (Deputi Direktur Inkubator Bisnis & Teknologi IBISMA UII), Muhammad Ilham, SE. (Founder & CEO Waktukita), dan Andriyastuti Suratman, S.E., M.M., CHRMP (Dosen Kewirausahaan Jurusan Manajemen UII). Ketiga tim bisnis pemenang kompetisi tersebut yakni ARTIKOS (Platform Digital untuk Design & Pengadaan Interior) yang dipimpin oleh Muhammad Irsyad al-Fikri sebagai Juara ke-1, MagnetZ Project (Platform Digital Pengembangan Bisnis B2B) yang di pimpin oleh Adelia Azka Sofia sebagai Juara ke-2, dan Selingan Foods (Bisnis Kuliner dan Coffee Shop) yang di pimpin oleh Gifari Rizki Putranto sebagai Juara ke-3.

Kompetisi Business Model Canvas sebagai salah satu jalan untuk mewujudkan visi Universitas Islam Indonesia sebagai Entrepreneurial University. Berkaitan dengan hal tersebut, FBE UII juga berharap nantinya kompetisi yang telah terselenggara tersebut menjadi salah satu cara untuk dapat mencetak profil lulusan wirausaha. (PIO/AMA).