,

Rayakan Idul Adha, Takmir Masjid Al-Muqtasidin Kembali Gelar Penyembelihan Kurban

Iduladha merupakan salah satu momen dimana umat Islam memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim AS bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail AS atas perintah Allah SWT. Sebagai perayaan, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII) menyelenggarakan sholat id dan kegiatan kurban di pelataran FBE UII pada Ahad, (10/07). Kegiatan ini menghadirkan Priyonggo Suseno, S.E., M.Sc., Ph.D. selaku Direktur P3EI FBE UII, sebagai Khotib dan Mahasiswa Manajemen FBE UII, Muhammad Nasyith Muharam sebagai Imam.

Sholat Id terlaksana dengan khidmat dan tertib diikuti dengan pemaparan Priyonggo dalam khutbahnya. “Hari Raya Kurban atau biasa kita sebut Iduladha yang kita peringati setiap tahun tidak bisa lepas dari kisah Nabi Ibrahim AS dan juga kisah tentang pengorbanan Qabil dan Habil,” ungkap Priyonggo sebagai pembuka. 

Priyonggo kemudian menjelaskan pelajaran utama yang dapat dijadikan sebagai bentuk i’tibar atau pelajaran bagi kita umat muslim. “Ada 3 pelajaran utama yang dapat kita tarik dari penyembelihan hewan kurban ini,” tuturnya.

Di penghujung khotbahnya, ia menghimbau agar ibadah kurban dapat dijadikan sebagai sarana taqarrub membangun kedekatan kita sebagai manusia kepada Allah Swt. “Karena kurban adalah kerelaan mengurangi kepuasan diri untuk solidaritas sesama dan harapan tulus hanya untuk mendapatkan keridhoan Allah SWT,”  ungkapnya.

Penyembelihan hewan kurban dimulai pada pukul 08.35 waktu setempat. Kegiatan yang mulai diselenggarakan sejak tahun 2019 tersebut bersumber dari para shohibul qurban dengan satu nama berhak untuk satu ekor kambing. Pada Kolaborasi Kegiatan Idul Adha 1443 H, Masjid Al-Muqtashidin FBE UII berkurban sebanyak 10 ekor kambing. “Ada delapan ekor kambing dari para jamaah yang sering mengikuti kajian di Masjid Al-Muqtashidin, ada juga dari alumni takmir, serta para tetangga yang tinggal dekat masjid lalu sisanya merupakan sedekah kurban dari dekanat untuk acara Ramah Tamah Bersama Lembaga FBE UII nanti malam,”  ujar Muhammad Fadlan Reza selaku Pengawas Panitia Qurban. “Hasil qurban kemudian akan disalurkan ke RT 04, para karyawan FBE UII, tentunya juga ke para shohibul qurban, lalu para takmir sendiri,”  tambahnya. 

Proses penyembelihan juga diawasi oleh pihak dari Nasi Kebuli Kang Ahmad, karena sudah terbiasa menyembelih daging kambing yang sesuai dengan syariat Islam. “Teman-teman takmir sebelumnya kami utus ke sana untuk latihan menyembelih hewan kurban, tetapi kami tetap membutuhkan pengawas dan tim dari Kang Ahmad pun bersedia untuk mengawasi,” tutur Fadlan. Walaupun sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi COVID-19, Takmir Masjid Al-Muqtashidin juga berharap agar program Kegiatan Idul Adha dapat berjalan terus hingga periode-periode selanjutnya. (NARD/SMM)