,

Saling Bertukar Pengalaman, FBE UII Bersama FEB Universitas Trisakti Kembali Adakan Pertemuan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Trisakti melakukan kunjungan ke Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII) dalam rangka memenuhi tuntutan Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA), pada Selasa (23/08). Bertempat di Ruang Sidang 1/1 FBE UII, kunjungan ini dilakukan sebagai ajang untuk bertukar pengalaman bagi kedua Institusi. Salah satunya mengenai pemenuhan mahasiswa asing dan standar sarana prasarana pembelajaran, serta perpustakaan.

Acara ini dihadiri oleh delapan orang perwakilan yang terdiri dari pimpinan dan delegasi dari Universitas Trisakti. Pada kesempatan ini, Dekan Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D., CFrA, CertIPSAS mengungkapkan bahwa FBE UII memiliki beberapa universitas mitra di luar negeri seperti Saxion University of Applied Sciences, Nanjing Xiaozhuang University, hingga SolBridge International School of Business.

“Kita harus menyesuaikan kualitas dan kuantitas yang sesuai dengan akademik,” ujar Johan. Saat ini UII meratakan mahasiswa pada students exchange, tetapi mahasiswa asing biasanya memilih fakultas yang unik seperti Sastra Islam dan sebagainya. Pada saat ini mahasiswa peminat UII rata-rata berasal dari India, Pakistan, Sri Lanka dan Bangladesh.

“Di UII sendiri untuk mahasiswa internasional ditujukan program-program studi internasional seperti program students exchange,” tutur salah satu perwakilan dari FBE UII. “Untuk program internasional UII memiliki program khusus yang digunakan untuk training dalam membentuk kualitas yang lebih kuat,” cakap Johan. Pada saat ini FBE UII terhitung memiliki dosen sebanyak 152 dan memiliki hingga 100 tenaga pendidik. Saat ini juga FBE UII memiliki kurang lebih 900 mahasiswa sudah terhitung dengan Sarjana Terapan.

UII memiliki bisnis yang dibawahi sebuah lembaga yayasan yang meliputi Jogjakarta International Hospital (JIH) yang terletak di Yogyakarta, Purwokerto, Solo dan rencana akan mendirikan di Bandung. Selain rumah sakit, UII juga memiliki Hotel Unisi Syariah dan SPBU Pertamina yang diharapkan yayasan tersebut kembali fokus terhadap UII.

Pembicaraan ini diakhiri dengan pembahasan mengenai program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). UII merupakan salah satu pengirim terbanyak dari universitas swasta, yaitu berjumlah sebanyak dua mahasiswa dari jurusan Manajemen. UII memiliki regulasi mahasiswa yang mengikuti program IISMA boleh mengambil mata kuliah apapun, tetapi UII juga tetap mengambil keputusan untuk mengarahkan mata kuliah yang seharusnya mahasiswa tersebut ambil. (ANZ/NVP)