,

IBC #10: Ajang Mahasiswa Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Penguatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi perhatian utama pemerintah dalam kebijakan pengembangan usaha di masa pasca pandemi. UMKM berperan sebagai pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berangkat dari keresahan tersebut, Entrepreneur Community (EC) sebagai komunitas yang bertujuan untuk mewadahi mahasiswa dalam menumbuhkan jiwa dan mental wirausaha kembali menghadirkan Indonesian Business Carnival (IBC) di Sleman City Hall, Yogyakarta (1-2/10).

Pelaksanaan IBC #10 ini rupanya berbeda dengan dua tahun sebelumnya. Perhelatan IBC #10 2022 kali ini kembali dilaksanakan secara offline. “Kami selaku panitia mengucapkan selamat kepada para pihak yang sudah berkenan untuk menjadi bagian dari IBC #10, yang merupakan pembuka kembali IBC sebelumnya dari online selama pandemi, hingga saat ini beralih ke offline,” tutur Gulam Fadil Aqsal selaku Ketua Organizing Committee IBC 2022 dalam sambutannya.

Drs. Achmad Tohirin M.A., Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni FBE UII dalam sambutannya menaruh harapan agar generasi muda saat ini harus mempunyai cita-cita menjadi wirausahawan, namun wirausahawan yang syar’i. “Wirausaha menjadi fokus yang sangat utama dalam pendidikan di kampus kita dan salah satu inspirasinya adalah dari Rasulullah SAW,” ujarnya.

Acara pembukaan kemudian ditutup dengan ungkapan kegembiraan dan pemotongan pita oleh Dr. Ir. Arif Wismadi M.Sc selaku Direktur Direktorat Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan/Simpul Tumbuh. “Kami mewakili universitas sangat bergembira dengan inisiatif di Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII, terutama komitmen yang sangat tinggi untuk menyelenggarakan IBC 2022 yang kesepuluh ini, karena ini menunjukkan inspirasi dan semangat yang searah dengan harmoni di lingkungan fakultas dan universitas,” pungkas Arif menutup sesi sambutan.

IBC tahun ini mengangkat tema budaya dengan tagline “Kana Loca”, yang berarti harapan yang luas terhadap kolaborasi berbagai budaya antar generasi yang beragam. Terdapat tiga rangkaian acara inti yang terdiri dari Expo, Workshop, dan Entertainment. Pada kegiatan Expo, terdapat 16 tenant yang terdiri dari thrifting dan food and beverage, Expo Photo Challenge, serta Playground Festival dari Komunitas Podjok dan Komunitas Reptil.

Tidak kalah menarik, acara Workshop pada IBC #10 juga mengadakan beberapa lokakarya, di antaranya Pottery Class, Painting Glow in the Dark Class, dan Digital Art Class. Berbagai band pun turut memeriahkan jalannya acara, di antaranya Manifrustasi, SRS Production, Dumbs n’ Groove, Impromptu, serta Jakstra Group dan Olski sebagai guest star acara. (ADC/SMM)