,

FBE UII Mengadakan Konferensi Akuntansi Bersama Ikatan Akuntan Indonesia

Kamis (24/11), Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan Conference 1st International Conference on Accounting & Finance (InCAF) & 6th National Conference on Accounting & Finance (NCAF) 2022 dengan tema ‘New Challenges and Opportunities of Integrated Reporting’ yang dilaksanakan secara hybrid. Rifqi Muhammad, S.E., S.E., S.H., M.Sc., Ph.D., SAS., ASPM selaku Ketua Prodi Akuntansi mengadakan acara ini terbatas dan gratis hanya untuk 50 peserta mahasiswa Sarjana Akuntansi. 

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dimoderatori oleh Hendi Yogi Prabowo., SE., M.For.Accy., Ph.D., CFrA, CAMS dengan mengundang beberapa pembicara, yaitu Prof. Phil Hancock, Zuni Barokah, S.E., M.Comm., Ph.D., CA, Stevanus Alexander B.P. Sianturi., SE., Ak., M.For.Accy., CPA., CFE., CA., CIO., CSRIS., CACP, dan Rifqi. Bertempat di Aula Utara Lantai 3 FBE UII. “Pada Zoom Meeting dihadiri oleh beberapa perwakilan dari universitas yang ada di Indonesia”, tutur Ayu. Didukung oleh Ikatan Akuntan Indonesia wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Program Magister Akuntansi FBE UII. 

Acara dibuka oleh Salwa Atsilah selaku Master of Ceremony (MC) pada pagi hari ini. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi dan beberapa sambutan oleh Ayu Chairina Laksmi, S.E., M.App. Com., M.Res., Ph.D., Ak., CA, Dr. Hardo Basuki, MSoc., CSA., CA., ASEAN CPA selaku ketua IAI wilayah DIY, dan Drs. Achmad Tohirin, MA., Ph.D. selaku Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni. 

Pertama kali Program Studi Akuntansi mengadakan konferensi ini. “Semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan rida dari Allah”,  tutur Hardo. “Acara ini juga menjadi latihan dan pembelajaran yang baru bagi kita tentang bagaimana pelaporan yang terintegrasi”, tambah Achmad. Sebagai Ketua Prodi Akuntansi, Rifqi turut memberikan perspektifnya mengenai tantangan dan peluang pelaporan yang terintegrasi, bahwa “Keberlanjutan menjadi pedoman pada perusahaan yang mempraktikkan Sustainability Reporting (SR).”

Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama yang dipimpin oleh Hendi dengan membacakan melalui chat Zoom maupun ikut mengulik pertanyaan secara offline. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh kelancaran tanpa hambatan sedikitpun dan diakhiri dengan berfoto sebagai tanda penutupan acara di sore hari. (PIO/MID)