,

Bahas Peningkatan Mutu Internal, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Kunjungi FBE UII

Kamis (15/12) pukul 10.00 WIB, Dalam rangka peningkatan pelaksanaan penjaminan mutu internal pada Program Studi Manajemen, Akuntansi, dan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta (UST) melakukan studi banding (benchmarking) ke Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII). Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang 1/1 FBE UII yang dihadiri oleh Johan Arifin, S.E., M.Si., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Arif Hartono, SE., M.Ec., Ph.D. Selaku Ketua Jurusan Manajemen, Abdur Rafik, SE., M.Sc. Selaku Ketua Prodi Manajemen Program Sarjana, Dr. Suyanto, M.Si.Selaku Dekan Fakultas Ekonomi UST, Soni Kurniawan, S.E., M.Sc.Selaku Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi UST, Risal Rinofah, S.E., M.Sc. Selaku Wakil Dekan 2 Fakultas Ekonomi UST, dan beserta jajarannya. 

Dalam kunjungan kali ini UST ingin membahas Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA), yang dimana hal tersebut bertugas untuk melakukan proses akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, yang diprakarsai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia  (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI). LAMEMBA sendiri akan berbasis pada visi dan misi instansi pendidikan. Visi FE UST berkaitan pada keilmuan dan kelembagaan, sedangkan FBE UII visi keilmuan tidak ditekankan, tetapi merujuk pada Satuan Kredit Partisipasi (SKP) dan Akreditasi International. 

“Di kampus kami FBE UII memiliki 11 program studi, yakni ada tiga Program Diploma, tiga Program Sarjana (Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan), tiga Master dan dua Program Doktor,” ungkap Johan sebagai pembuka acara pada pagi hari itu. “UII sendiri juga menjadi salah satu institusi pendidikan yang tertua di Indonesia,” tambah Johan. “Standar mutu dan sasaran mutu akreditasi kami mengacu pada ASEAN University Network-A Touch Of Quality (AUN-QA),” sambung Arif.

Adapun akreditasi internasional seperti Association of Chartered Certified Accountants (ACCA), The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century Organisation (ABEST21), Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA), The Higher Education Evaluation and Accreditation Council of Taiwan (HEEACT), dan The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) dalam bentuk membership.

Johan pun menjelaskan bahwa LAMEMBA meminta lingkup mulai dari perencanaan sampai dengan output yang bersifat kualitatif. Dalam hal ini dekan fakultas memiliki peran yang penting. (PRH/MAP)