,

Mencari Versi Terbaik Akuntansi, FE Universitas Islam Madura Adakan Kunjungan ke FBE UII

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Madura (FE UIM) melakukan kunjungan ke Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (FBE UII), Senin (06/02). Pada kesempatan ini, dihadiri oleh Dekan FE UIM, Ach. Baihaki, S.E., M.Sc dan Kepala Prodi Akuntansi FE UIM, Evi Malia, S.E., M.Ak. yang disambut oleh Abdul Moin, S.E., MBA., M.Res., Ph.D., CQRM. sebagai Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FBE UII, Drs. Achmad Tohirin, MA., Ph.D. sebagai Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Alumni FBE UII, Rifqi Muhammad, S.E., M.Sc., Ph.D. sebagai Ketua Program Studi Akuntansi Program Sarjana FBE UII, dan Dekar Urumsah, SE., S.Si., M.Com(IS)., Ph.D., CFrA. sebagai Ketua Jurusan Akuntansi FBE UII. 

Maksud dari kunjungan ini sebagai kegiatan studi kenal profesi untuk mahasiswa angkatan tahun 2020-2021 FE UIM. Rifqi membuka forum dengan mengenalkan profil dari prodi akuntansi FBE UII. “Mahasiswa program studi akuntansi FBE UII harus mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap perkembangan teknologi agar berkesempatan diterima kerja tidak hanya di bidang nasional tetapi juga di global,” ujar Rifqi. Hal ini Ia utarakan lantaran sebagai tanggapan dari isu yang beredar kalau bidang profesi akuntansi akan tergerus oleh teknologi.

Beragamnya aktivitas kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh FBE UII dikenalkan pada kesempatan ini. Dimulai dari tingkat prodi terdapat Output Character Building (OCB) yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa. Selain itu, di tingkat Universitas ada kegiatan pesantrenisasi yang bertujuan untuk memberi bekal kepada para mahasiswa sebelum melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Selanjutnya pihak UIM yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Ach. Baihaki, S.E., M.Sc menyampaikan sambutannya mengenai rasa terima kasih karena sudah diterima dengan baik oleh perwakilan dari FBE UII. “Saya merasa seperti datang ke saudara sendiri karena disambut dengan hangat,” ujarnya dalam sambutan awal. Kemudian Baihaki juga menyampaikan tentang perkembangan Prodi Akuntansi yang dimiliki FE UIM. “Kami masih mencari bentuk terbaik dari pengembangan model akuntansi agar bisa diterapkan oleh kami,” ungkap Baihaki.

Baihaki juga menyampaikan mengenai tujuannya dalam kunjungan ke beberapa Universitas. “Setiap kunjungan kami ingin mendapatkan ilmu untuk dikembangkan dan diterapkan di Universitas kami,” tutup Baihaki di akhir sambutannya. 

Pada penghujung kegiatan juga dilakukan penyerahan plakat oleh kedua Universitas, yaitu dari FE UIM dan FBE UII. Penyerahan plakat ini menjadi simbol bahwa keduanya pernah saling bertukar ilmu dan diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk pengembangan masing-masing Universitas. (SM/MID)